Dark/Light Mode

PUPR Permak Ratusan Unit Rumah Petani Bawang Di Nganjuk

Jumat, 9 Juni 2023 17:34 WIB
Petani Bawang di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur.,
Petani Bawang di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur.,

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 393 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur, diperbaiki. Bantuan tersebut, diperuntukkan bagi Petani Bawang untuk memiliki rumah layak huni. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan Bedah Rumah ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan rumah layak, sekaligus mengurangi angka pengangguran melalui kegiatan padat karya. 

Baca juga : SAMADE: PalmCo Bikin Untung Petani Dan Industri Sawit Nasional

“Kami berharap program BSPS ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuannya dengan  memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman,” kata Menteri Basuki, Jumat (9/6). 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, tujuan utama penyaluran Program BSPS adalah untuk menggerakkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) membangun dan meningkatkan kualitas rumah yang semula tidak layak huni menjadi layak huni, baik dari sisi keselamatan bangunan dan kesehatan penghuni seperti pencahayaan, aliran udara dan ventilasi.

Baca juga : 89.681 Jemaah Dan Petugas Haji Sudah Tiba Di Tanah Suci

"Dalam pelaksanaan program BSPS Pemerintah menyalurkan dana stimulan dengan membentuk kelompok masyarakat serta mendapat pendampingan dari Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL). Kami ingin pembangunan rumah layak huni bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Iwan.

Berdasarkan data Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV, program BSPS di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur tersebar di 10 kecamatan, 18 desa pada tahun 2023. Salah satu desa penerima bantuan adalah Desa Sidocare Kecamatan Rejoso yang menerima 24 unit bantuan BSPS.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.