Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Siti Atikoh, Hary Tanoe Resmikan Puskestren Partai Perindo Di Cirebon

Kamis, 1 Februari 2024 11:51 WIB
Peresmian Puskestren Partai Perindo Di Pesantren Buntet dan Kempek Cirebon. (Foto: Ist)
Peresmian Puskestren Partai Perindo Di Pesantren Buntet dan Kempek Cirebon. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo meresmikan dua Pusat Kesehatan Pesantren (Puskestren) Partai Perindo di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024).

Puskestren yang diresmikan Hary Tanoe tersebut yakni di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) KHAS Kempek, Kecamatan Gempol dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Ponpes Buntet, Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Peresmian Puskestren ditandai dengan pemotongan pita dilakukan Hary Tanoe sebagai pembukaan tempat kesehatan bagi masyarakat pesantren dan warga sekitar. 

Dalam peresmian Puskestren Partai Perindo di Ponpes KHAS Kempek, Hary Tanoe turut didampingi Siti Atikoh Suprianti, istri dari calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang juga diusung oleh Partai Perindo. 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum DPP Kartini Perindo sekaligus Caleg DPR RI Dapil Jakarta 2 dari Partai Perindo Liliana Tanoesoedibjo serta pengasuh Ponpes KHAS Kempek, Kyai Muh Musthofa Aqil Siroj.

Baca juga : Bersama Hary Tanoe Dan Liliana, Siti Atikoh Hadiri Bazar Murah Perindo

Sedangkan, pada peresmian Puskestren Partai Perindo di YLPI Ponpes Buntet turut dihadiri Kyai Ponpes Buntet KH Moh Farid MZ.  

Hary Tanoe juga menjelaskan, bahwa Pusat Kesehatan Pesantren (Puskestren) ini bernaung dibawah yayasan Wawasan Kebangsaan Nusantara (Wasantara) yang didirikan oleh dirinya bersama KH Said Aqil Siroj untuk memberikan perhatian khusus kepada para santri dan masyarakat sekitar khususnya dalam segi kesehatan.

Dalam sambutannya di acara Seminar Nasional Kesehatan Remaja Putri yang dihadiri ribuan santriwati, Hary Tanoe menuturkan peresmian Puskestren ini merupakan bagian dari tanggung jawab Partai Perindo dalam upaya memberikan fasilitas dan akses kesehatan bagi masyarakat khususnya di lingkungan pondok pesantren.

"Ini merupakan bagian dari kerja pelayanan yang kami lakukan kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren," ujar Hary Tanoe.

Hary Tanoe menjelaskan, Puskestren tersebut nantinya akan menjadi seperti klinik berjalan. Tempat kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat khususnya keluarga besar Pondok Pesantren KHAS Kempek.

Baca juga : Dihadiri Hary Tanoe, FBR Dan IKAMA Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

"Warga pesantren harus sehat fisiknya, sehat mentalnya, dan sehat rohaninya. Harapan saya ini akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya di Pondok Pesantren Kempek," kata Hary Tanoe.

Hary Tanoe memastikan Partai Perindo memiliki visi misi dalam memberantas kemiskinan. "Tentu Pak Ganjar apabila terpilih maka presiden akan membangun puskesmas di seluruh desa di Indonesia. Saya rasa penting. Ke depan itu kesehatan, pendidikan itu sangat penting, supaya masyarakat kita bisa sehat dan produktif," tandasnya.

Selain itu, Hary Tanoe menjelaskan, Puskestren untuk warga pesantren di Cirebon tersebut turut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang sangat lengkap dan bisa diandalkan. Puskestren juga sudah dilengkapi dengan air conditioner atau AC sebagai instrumen penunjang kenyamanan untuk para petugas kesehatan maupun pasien.

"Ada tiga ruangan. Dua ruangan itu untuk rawat inap dan satu ruangan sebagai konsultasi pemeriksaan oleh dokter. Ada AC dan sebagainya. Ini merupakan layanan yang kami lakukan kepada masyarakat, khususnya lingkungan pesantren di daerah-daerah. Harapannya bisa bermanfaat," ungkap Hary Tanoe.

Sementara itu, Siti Atikoh mengapresiasi, langkah Hary Tanoe dan Partai Perindo yang memberikan fasilitas kesehatan berupa Puskestren bagi ponpes di Cirebon. Fasilitas kesehatan itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, siswa, dan warga pesantren lainnya, sehingga pertolongan pertama kesehatan itu bisa langsung tertangani dengan cepat.

Baca juga : Yandri Susanto: Bansos Hak Rakyat, Jangan Hentikan Penyalurannya

"Saya sangat mengapresiasi. Tentu ini sangat sejalan dengan programnya Ganjar-Mahfud. Di mana fasilitas kesehatan itu harus benar-benar dirasakan masyarakat," ujar Siti Atikoh di YLPI Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.

Menurutnya, menjaga kesehatan harus dilakukan sejak dari dalam kandungan dan harus disosialisasikan program pencegahan stunting sejak anak-anak usia remaja. "Dari sisi mental, kesehatan mental juga sangat penting agar mereka itu bisa bahagia. Bisa belajar dengan konsentrasi dan bagaimana berempati dengan teman-teman," ungkap ibunda dari Alam Ganjar tersebut.

Adapun Afifah salah satu warga Sidamulya, Kecamatan Astanajapura, Cirebon mengaku terbantu dengan adanya Puskestren yang difasilitasi Partai Perindo ini. “Adanya Puskestren ini sangat membantu kami sebagai warga, jadi kalau berobat dekat. Sebelumnya, berobat di Puskesmas cukup jauh,“ katanya.

Sementara itu, KH Moh Farid MZ mengungkapkan  diresmikanya Puskestren ini untuk membantu pelayanan kepada masyarakat sekitar. “Keberadaan Puskestren ini sifatnya permanen, tidak hanya sebelum pemilu saja, tapi usai pemilu ini selesai, puskestren ini akan terus beroperasi,“ katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.