Dark/Light Mode

Pengamat: Peluang Ganjar Besar Jika Berpasangan Dengan Cawapres Tepat

Sabtu, 22 April 2023 20:43 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menetapkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4). (Foto: Dok. PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menetapkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4). (Foto: Dok. PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju di Pilpres 2024. Ganjar, yang punya elektabilitas tinggi, memang punya potensi besar untuk menang. Namun, Ganjar tidak bisa mengandalkan elektabilitas sendiri. Ganjar juga harus dibantu oleh sosok cawapres yang digandengnya.

Ganjar diumumkan sebagai capres PDIP oleh Megawati Soekarnoputri, di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jumat (21/4). Meski sebagai partai pemenang dan bisa capres-cawapres sendiri, PDIP disarankan untuk tetap membangun koalisi. Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDI) Anthony Leong mengatakan, kemenangan Ganjar di Pilpres 2024 juga dipengaruhi sosok cawapres yang mendampinginya.

Baca juga : Hanura Serahkan Sosok Cawapres Ke Ganjar

Anthony melihat, salah satu mitra koalisi potensial adalah partai-partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Menurutnya, jika berkoalisi, KIB akan memainkan peran penting dalam menentukan dan mendorong pilihan cawapres yang tepat untuk Ganjar.

"KIB tentunya berperan penting dalam menentukan cawapres Ganjar nanti jika KIB dan PDIP bisa berkoalisi. Ada beberapa nama, seperti Sandiaga Uno mewakili PPP, Erick Thohir bisa mewakili PAN, dan Ridwan Kamil dari Golkar. Ketum Golkar Airlangga Hartarto tentu punya potensi juga. Ini menjadi tugas koalisi PDIP jika mau menang harus menentukan cawapres yang tepat," kata Anthony, dalam keterangannya.

Baca juga : Jokowi: Ganjar Pemimpin Yang Dekat Dengan Rakyat

Anthony menambahkan, pengumuman Ganjar sebagai capres pada H-1 Idul Fitri merupakan hal yang positif. "Ini hal yang baik dan momentumnya cukup positif. Bisa gunakan momen halal bihalal untuk komunikasi politik yang baik dan membangun komunikasi elite dan sebagainya. Megawati pilih timing yang tepat," ujar Anthony.

Dia menyebut, jika PDIP segera konsolidasi untuk menentukan cawapres Ganjar, akan menambah elektoral yang kini telah dimiliki. Menurut CEO Menara Digital ini, dari analisa percakapan media sosial, elektabilitas Ganjar masih tinggi. Elektabilitas Ganjar tidak menurun terlalu signifikan akibat peristiwa batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca juga : Ganjar Bakal Capres PDIP

"Masyarakat tentu ingin ada perubahan di dunia sepak bola kita, tapi statement Ganjar tidak terlalu memberikan kontribusi negatif untuk elektabilitas," imbuhnya.

Mengenai jumlah kontestan di Pilpres 2024, Anthony memprediksi, hanya akan diisi tiga pasangan capres-cawapres. "Prediksi ke depan, bisa jadi tiga pasangan di 2024. Kita lihat dinamika beberapa bulan ini menjelang pendaftaran nanti," tutup dia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.