Dark/Light Mode

Jokowi: Ganjar Pemimpin Yang Dekat Dengan Rakyat

Jumat, 21 April 2023 14:31 WIB
Presiden Jokowi (tengah) diapit Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) dan Ketua DPR Puan Maharani (kiri) dalam Rapat DPP Partai ke 140 Diperluas Tiga Pilar, Jumat (21/4).
Presiden Jokowi (tengah) diapit Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) dan Ketua DPR Puan Maharani (kiri) dalam Rapat DPP Partai ke 140 Diperluas Tiga Pilar, Jumat (21/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sangat mengapresiasi dan menghargai Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yang baru saja mengumumkan keputusan pencapresan Ganjar Pranowo, untuk berlaga di Pilpres 2024.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat. Selalu turun ke bawah, dan sangat ideologis," kata Jokowi dalam Rapat DPP Partai ke-140 Diperluas Tiga Pilar, yang ditayangkan kanal YouTube PDI Perjuangan, Jumat (21/4).

Presiden ke-7 RI ini menegaskan, suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah suatu keharusan. Sesuai perintah UUD 1945. 

Tetapi menurutnya, pergantian pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia. Ini harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu.

Baca juga : Erick Jempolin Pemudik Yang Beli Tiket ASDP Online

"Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa, dan program-program unggulan yang telah dicanangkan," ujarnya.

Jokowi berpesan, ideologi negara Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional, serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia.

Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, dan pembangunan yang Indonesia-sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional. 

Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Baca juga : Jika Usung Ganjar, PDIP Bakal Ditempel Banyak Partai

"Semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program dan ide-ide besar untuk bangsa dan negara. Saya yakin, rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya. Semoga, Pilpres 2024 akan berjalan dengan damai dan demokratis, dan terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil, dan makmur," papar Jokowi.

"Terakhir, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Mbak Puan Maharani, dan seluruh perempuan Indonesia. Kepada seluruh rakyat Indonesia, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir batin," pungkasnya. ■

 

 

Baca juga : Srikandi Ganjar Jatim Tampilkan Busana Yang Cocok Ketika Lebaran

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.