Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sahabat Ganjar Kian Aktif Gelar Kegiatan Edukatif Di Jateng Dan Jatim

Jumat, 12 Mei 2023 22:40 WIB
Sosialisasi Pengelolaan sampah 3R di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (12/5). (Foto: Sahabat Ganjar)
Sosialisasi Pengelolaan sampah 3R di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (12/5). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok pendukung Ganjar Pranowo 2024 yang mengatasnamakan Sahabat Ganjar semakin aktif menggelar kegiatan edukatif di Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim), pasca Gubernur Jateng tersebut dideklarasikan menjadi Calon Presiden (Capres) oleh PDI Perjuangan 21 April lalu.

Kegiatan yang digelar berbarengan pada Jumat (12/5) ini dilakukan untuk sekaligus mensosialisasikan sang Capres kepada masyarakat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi Sosialisasi Pengelolaan sampah 3R di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo dan Workshop Kreasi pembuatan aksesoris dari manik-manik di Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan.

Pada kegiatan yang berlangsung di Wonosobo, 3R atau Reduce, Reuse, Recycle menjadi metode yang dilakukan oleh Sahabat Ganjar dalam kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah.

Kegiatan kreatif ini menjadi ajang yang menarik untuk mensosialisasikan Ganjar Pranowo. Karena, Gubernur Jawa Tengah 2 periode tersebut bergelimang penghargaan atas capaiannya selama menjadi orang nomor 1 di Jateng.

Baca juga : Kiyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Ikan Air Tawar Di Kabupaten Tuban

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Sahabat Ganjar Kabupaten Wonosobo Herli Widiatmo menjelaskan sedikit tentang 3R alias, Reduce, Reuse dan Recycle.

Menurutnya, reduce adalah upaya pencegahan polusi baru dengan cara menghemat energi.

"Contoh caranya bisa dengan mengurangi pemakaian barang secara berlebihan dan memaksimalkan penggunaan produk secara maksimal," kata Herli.

"Sedangkan Reuse, menggunakan kembali barang yang sekiranya sudah tidak bisa dipakai dan recycle adalah upaya kita kembali mengolah barang tidak terpakai menjadi produk yang bisa dimanfaatkan," imbuhnya. 

Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah ini, lanjut dia, sangat bermanfaat. Khususnya dalam mengolah barang yang dianggap tidak terpakai, bisa memiliki fungsi lain apabila diolah.

Baca juga : SMRC: Ganjar Lebih Berpeluang Naikkan Elektabilitas Dibandingkan Prabowo Dan Anies

"Ini tentunya sangat menarik bagi generasi milenial. Karena para pemuda disini bisa berkreasi dengan barang-barang yang tersedia. Kita harapkan, kedepannya para pemuda disini terus mengeksplor kemampuannya untuk memanfaatkan barang-barang bekas," ungkap Herli.

Salah satu peserta sosialisasi pengelolaan sampah bernama Ayu menjelaskan kegiatan ini begitu menyenangkan. Karena bisa berkreasi ide-ide kreatif untuk membuat karya seni.

"Banyak yang bisa kita buat dari bahan tidak terpakai, maka dari itu saya berharap kegiatan serupa diperbanyak di daerah-daerah lain agar semakin berwarna," jelas Ayu.

Selain itu di Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan bersama ratusan peserta yang terdiri dari kaum milenial, Sahabat Ganjar melangsungkan workshop kreasi pembuatan aksesoris dari bahan manik-manik.

Ketua DPC Magetan Syamsi menuturkan, manik-manik ini menawarkan keindahan di setiap karya seninya. Karena, banyak sekali warna-warna yang dipancarkan, sama seperti dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Baca juga : Ganjar Pranowo Berhasil Tekan Angka Pengangguran Dan Kemiskinan Di Jateng

"Pendukung Pak Ganjar Pranowo datang dari seluruh penjuru nusantara, berwarna seperti berbagai macam warna manik-manik ini," ungkap Syamsi.

Syamsi mengatakan meskipun berbeda-beda daerah, masyarakat Indonesia tetap satu suara yakni memilih Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

"Kita sangat ingin, suara masyarakat Indonesia adalah untuk Pak Ganjar Pranowo. Semoga Allah mengijabah Doa serta Usaha kita semua," ucap Syamsi.

Target utama Sahabat Ganjar melalui kegiatan ini adalah menjangkau masyarakat secara langsung untuk mensosialisasikan Ganjar Pranowo, terutama generasi milenial. Karena, kontestasi Pilpres 2024 semakin dekat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.