Dark/Light Mode

Relawan Ganjar Dari Penjuru Dunia Gelar Konsolidasi & Kolaborasi

Minggu, 18 Juni 2023 14:46 WIB
Acara konsolidasi dan kolaborasi pendukung Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Acara konsolidasi dan kolaborasi pendukung Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dari berbagai penjuru dunia mengadakan kolaborasi “Belajar Berjajar Berpijar Bersama Ganjar”, secara virtual, Sabtu (17/6). Konsolidasi perdana dihadiri para pendukung dari puluhan negara seperti Australia, Amerika Serikat, Hong Kong, Arab Saudi, dan negara-negara Eropa, dengan varian zona waktu dari pukul 01:00 dinihari sampai 21:00 di lokasi masing-masing.

Berbeda dengan acara kumpul-kumpul relawan pada umumnya, konsolidasi relawan dunia yang baru pertama kali diselenggarakan ini lebih mengacu terhadap pendidikan dan pelatihan relawan khusus luar negeri.

Kevin Herjono, putra Semarang selaku penggagas konsolidasi ini, mengatakan bahwa pada awalnya, ide membuat pendidikan dan latihan ini dikarenakan perbedaan struktur elektoral dan posisi yang unik para pendukung Ganjar di luar negeri. “Meskipun kami tinggal di luar negeri, kami tetap mencintai Indoensia dan terus mengikuti perkembangan politik. Karena itu, mari kita sama-sama berdoa Pak Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024,” jelasnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (18/6).

Baca juga : Pelaku Dugaan Pelecehan ART Mangkir Dari Panggilan Polisi

Acara ini dibuka tepat pukul 18:00 WIB dengan doa bersama oleh Gus Nur Rohman selaku Ketua Santri Milenial for Ganjar 2024. Acara dihadiri langsung Ganjar. Hadir pula tokoh pergerakan Indonesia Adian Napitupulu dan politisi senior PDIP Prof Hendrawan Supratikno.

Bertemakan “Kiat Mengelola Konflik dan Membangun Sinergi Elektoral”, pada awal acara, peserta disapa satu persatu oleh Ganjar. Dari Bali, Ganjar secara khusus memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan untuk mengadakan kolaborasi dan komunikasi, serta menyatakan dukungannya agar komunikasi ini dapat diselenggarakan secara rutin dan terfokus.

Adapun diskusi dibagi menjadi dua bagian. Sesi diskusi yang pertama dipimpin Antonius Tobing dari Melbourne, Australia, dengan narasumber Adian Napitupulu. Adian menyatakan pentingnya untuk terus mengadakan diskusi secara interaktif antar relawan dan serta menyuarakan dukungan terhadap Ganjar melalui media sosial.

Baca juga : Srikandi Ganjar Ajak Milenial Sulap Sedotan Plastik Jadi Tempat Pulpen 

Adian berbagi cerita tentang kunjungannya bersama Ganjar. ”Saya tidak pernah melihat generasi muda seantusias ini,” ujarnya, bersemangat.

Pada sesi kedua, Hendrawan memberikan pembekalan. Dia menyampaikan, para relawan untuk menyuarakan fakta dan hal-hal positif.

“Mari kita berpolitik dengan raya joyful, dengan kegembiraan. Kegembiraan itu muncul apabila ada deliberasi. Apabila ada pro-kontra, maka pro-kontra dapat dipecahkan dengan memberikan informasi yang lebih akurat dan accountable, sehingga pilihan-pilhan itu tidak didasarkan oleh perasaan, tapi pilihan itu didasarkan pada informasi yang akurat,” ujarnya.

Baca juga : KNP Lampung Gelar Edukasi Pengolahan Tambak Udang

Hendrawan juga menegaskan pentingnya berjuang sesuai dengan kekuatan masing-masing. “Mari kita menjadi Super Team yang bersinergi, dan terus menggaungkan dukungan untuk Ganjar dari delapan penjuru mata angin,” ujarnya.

Peserta kolaborasi bersepakat untuk mengedepankan semangat gotong royong dan kerja sama di seluruh lapisan baik secara pribadi maupun kelompok/organisasi. Rencananya kolaborasi ini akan menjadi kegiatan rutin, dengan Australia yang akan menjadi tuan rumah pada sesi berikutnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.