Dark/Light Mode

Survei Terus Menanjak, PSI Yakin Bisa Kirim Wakil Ke DPR RI

Sabtu, 6 Januari 2024 11:16 WIB
Juru Bicara PSI Irma Hutabarat dan Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)
Juru Bicara PSI Irma Hutabarat dan Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus merangkak naik, bahkan sudah mencapai 4,2 persen.

"Ini hasil survei dari pak Jokowi, hasil survei dari internal, hasil survei dari lembaga survei yang melakukan itu tiap minggu. Kalau tiap minggu ada peningkatan, berarti kami melakukan hal yang benar," kata Juru Bicara DPP PSI Irma Hutabarat di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (6/1/2024).

Meningkatnya elektabilitas itu disebabkan oleh diangkatnya anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi ketua umum DPP PSI. 

Masuknya Kaesang Pangarep menjadi ketua partai memberikan magnet bagi masyarakat untuk mendukung PSI.

"Tentu saja karena ketua umum kita adalah Kaesang Pangarep yang menjadi magnet begitu menjadi Ketum langsung ratusan ribu orang login PSI," kata Irma.

Baca juga : Survei Puspoll: Prabowo Dan Ganjar Paling Berpeluang Lolos Putaran 2 Pilpres

Tak hanya itu, lanjut dia, banyak komunitas dan relawan dari Jokowi yang diajak bergabung ke PSI.

"Jadi, agar orang tak alergi dengan politik, ayo komunitas apa pun, LSM, NGO, relawan masuk menjadi anggota partai agar bisa memahami bagaimana sistem di negeri ini yang masih memberikan kekuasaan yang sangat besar kepada parpol," kata wanita yang biasa disapa Inang Irma itu.

Dengan banyaknya komunitas, relawan Jokowi yang masuk ke PSI sudah tentu memberikan peningkatan terhadap elektoral PSI.

"Tentu saja itu meningkatkan elektabilitas, karen popularitas kan tidak selaras dengan elektabilitas. Ada orang populer, belum tentu dipilih. Tapi di PSI kita berhitung karena elektabilitas meningkat. Terakhir sudah 4,2 persen," ujarnya.

Dengan hasil itu, kata dia, maka tidak ada keraguan bagi kader partainya untuk masuk ke parlemen atau DPR RI.

Baca juga : Suara Terus Meningkat, Timnas AMIN Optimistis Melaju Ke Putaran Kedua

"Keraguan bahwa kami tak masuk parlemen itu bisa disingkirkan, tak ada lagi keraguan. Pasti kita maju ke senayan. Itu yang harus kita jaga hingga pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024," tuturnya.

Menurut dia, tak ada target khusus, namun yang penting partainya lolos ambang batas parlemen atau "Parliamentary Threshold" (PT) yang ditetapkan sebesar 4 persen, sesuai UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

"Yang penting lolos PT dulu agar para caleg masuk ke parlemen, kalau suara 200 ribu tapi tak dapat 4 persen kan percuma.
Jadi, kita amankan dulu lolos PT baru semua caleg 'fight'..Bukan berarti sudah terkenal, tapi tak perlu kerja keras. Bukan begitu. Harus tetap kerja keras," kata Caleg DPR RI Dapil Sumut 2 itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menghadiri kopi darat wilayah (kopdarwil) pengurus dan caleg seluruh Aceh di Banda Aceh pada Jumat (5/1) untuk konsolidasi partai dalam memenangkan PSI di Pileg dan membantu memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ini merupakan konsolidasi partai khususnya di Provinsi Aceh yang pertama untuk bisa memenangkan PSI dan bisa memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran di Pemilu 2024," kata Kaesang 

Baca juga : 21 Alasan Warga Pilih Ganjar-Mahfud, Paling Bisa Memimpin Jadi Faktor Utama

Kaesang tidak menjelaskan lebih jauh soal arahan khusus kepada para pengurus dan caleg PSI di Aceh.

"Ada, tapi rahasia, kalian aja nggak diundang ke dalam, berarti rahasia," ujarnya sambil tersenyum.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.