Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SEA Games

Hari Ini, 3 Cabor Tambah 2 Emas Dan 4 Perak

Minggu, 15 Mei 2022 15:40 WIB
Tim Wushu di ajang SEA Games Viatenam. (Foto : Kemenpora)
Tim Wushu di ajang SEA Games Viatenam. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjuangan Tim Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam masih berlanjut. Tiga cabang olahraga, yaitu catur, wushu dan triatlon sukses menambah pundi medali bagi Merah Putih. 

Hingga Minggu (15/05) pukul 14.00 WIB, kontingen yang dipimpin Chef de Mission Ferry Kono mampu menambah 2 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Emas pertama pada hari ini diberikan pecatur Citra Dewi Ardhiani Anastasia yang turun di nomor Individual Standard putri.

“Siang hari ini Tim Indonesia kembali menambah perolehan medali dengan 2 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Kabar yang menggembirakan karena kini kita memiliki total 15 Emas, 19 perak, dan 12 perunggu,” kata Ferry, Minggu (15/05).

“Lebih bahagia lagi karena pecatur putri kita ini sekaligus menjadi perayaan ulang tahunnya ke-28. Saya rasa, emas ini tak hanya kado baginya, tetapi sekaligus menjadi hadiah bagi seluruh masyarakat Indonesia.”

Baca juga : Hari Ini Lawan Myanmar, STY: Tidak Ada Istilah Seri

Tampil di  Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Ha Long City, Citra menakhlukan WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) usai mendapat remis pada langkah ke-30 babak terakhir catur klasik. Hasil ini juga memastikan Citra merebut Norma WGM ketiga atau terakhirnya. 

Sebagai informasi, Citra pernah mencapai rating 2300 dalam live rating turnamen Third Saturday di Novisad, Serbia, 2017.  Dengan kemenangan ini, Citra juga menahbiskan diri menjadi WGM ketiga Indonesia setelah Irene dan Medina Warda Aulia.

“Penampilan citra ini cukup mengejutkan. Ia tidak dibebani target emas karena ada Irene (Kharisma Sukandar) yang memang tampil sebagai unggulan pertama di nomor catur standar putri ini. Namun, penampilan Citra sangat baik, pada akhirnya kesiapan atlet saat bertanding yang menentukan, dan dia tampil sangat baik,” kata pelatih catur Tim Indonesia Kristianus Lim.

Selain citra, catur juga mempersembahkan dua medali perak. Adalah Irene yang mendapatkannya di nomor standar putri. Sedangkan satu perak lainnya didapatkan Mohamad Ervan di nomor standar putra.

Baca juga : Top, Tim Dayung RI Dulang 8 Emas Di Vietnam

Sementara itu, cabor olahraga  wushu mendapatkan 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Emas diamankan pewushu putra Seraf Naro Siregar yang tampil pada disiplin taolu (seni) nomor Daoshu&Gunshu (golok&tongkat panjang). Perak dipersembahkan Nandhira Mauriskha yang turun di nomor Changquan (tangan kosong) dan perunggu diberikan Harris Horatius di nomor Nangun (toya) putra.

Seraf berhak atas emas setelah mendapat nilai gabungan tertinggi sebesar 19,22. Ia unggul dari Jowen Si Wei Lim (Singapura, 19,38), dan Wai Kin Yeap (Malaysia, 19,26). Raihan ini juga merupakan kejutan karena sebenarnya di nomor ini ada pewushu senior Edgar Xavier Marvelo yang lebih berpengalaman.

"Puji Tuhan hasil ini diluar ekspektasi karena saya bisa dapat medali emas. Namun saya memang selalu yakin bisa kasih yang terbaik untuk Indonesia," kata Seraf Naro. "Untuk persiapan banyak jatuh bangunnya dan naik-turun. Puji Tuhan tiga bulan terakhir kita semua aman diberi proses latihan yang cukup memadai. Jadi kami berangkat dalam kondisi siap. Medali emas ini saya persembahkan untuk Indonesia.”

Perolehan medali lainnya didulang cabor triatlon, adalah Rudi Ferbriade (Individual putra) yang mendapat perak dan dua perunggu lainnya diraih Jauhari Johan (Individual putra) serta Zahra Putri Bulan Aprillia (individual putri)

Baca juga : Jelang SEA Games, Tim Indonesia Gelar Latihan

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.