Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SEA Games

Mantap, Dayung Sumbang Emas Pertama Buat Indonesia

Rabu, 11 Mei 2022 14:08 WIB
Tim dayung Indonesia di ajang SEA Games meraih medali emas. (Foto : Ist)
Tim dayung Indonesia di ajang SEA Games meraih medali emas. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Dayung menyumbang emas pertama untuk Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam.

Emas tersebut diraih oleh Kakan Rusmana dan Ardi Isedi pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X).

Kakan dan Ardi yang start dari lintasan 2 finis tercepat dengan catatan waktu tujuh menit 1,385 detik. Filipina finis 4,2 detik berselang di tempat kedua untuk perak dan perunggu menjadi milik tim tuan rumah.

Pada hari yang sama, Indonesia sebelumnya meraih perak pada nomor women’s quadruple sculls (W4X). Tim yang diperkuat Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti itu finis kedua dengan catatan waktu tujuh menit 23,6 detik.

Baca juga : Ririn Dan Riska Sabet Emas Pertama Pencak Silat Di Vietnam

Medali emas nomor tersebut direbut tim tuan rumah Vietnam yang mencatatkan waktu tujuh menit 13,2 detik.

Indonesia mengirimkan 34 atlet pada cabang olahraga rowing dengan rincian 18 putra dan 16 putri.

Adapun pada SEA Games Vietnam, Indonesia berkekuatan 499 atlet yang berpartisipasi pada 32 cabang olahraga. Jumlah tersebut berkurang hampir separuh dibanding edisi 2019 ketika Merah Putih menerjunkan 841 atlet ke "multievent" dua tahunan itu.

Para atlet dayung menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal sejak 9 Mei sebelum upacara pembukaan dimulai pada 12 Mei

Baca juga : Menang Telak, Garuda Muda Rubuhkan Timor Leste 4-1

“Alhamdulillah. Pagi ini, atlet-atlet Indonesia dari cabang olahraga rowing dan pencak silat memberikan sumbangan luar biasa. Hari ini total Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 4 perak," ujar CdM Ferry Kono.

Dari cabang olahraga rowing,  mendapatkan medali emas perdana untuk Indonesia. Secara total rowing menyumbangkan 2 emas dan 2 medali perak kepada Merah Putih hari ini. 

"Tapi saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia. Cabor Rowing yang telah mempersembahkan medali emas dan perak perdana kita di SEA  Games Vietnam, tepat satu hari jelang opening ceremony yang baru diadakan besok," tambahnya.

Emas diberikan oleh Kakan Kusmana/Ardi Isadi di nomor lightweight men’s double sculls serta men’s double sculls oleh Sulpianto/Memo.

Baca juga : Lepas Kontingen Karate Indonesia, Ini Pesan Ketum PB Forki

Sementara perak dipersembahkan dari cabang olahraga rowing di nomor  quadruple sculls yang dimotori atlet kita Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya dan Puteri Agni Anugerah serta dari nomor women four yang juga meraih hasil serupa.

Saya berharap medali emas yang diberikan di cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk Tim Indonesia berpretasi lagi di hari-hari selanjutnya.

Sementara itu Kakan Kusmana menyatakan syukur setelah menyumbangkan medali emas.

Alhamdulilah kemenangan ini sangat surprise buat kami. Sebenarnya nomor pertama putri (quadruple sculls) hampir dapat emas, tapi mungkin rezekinya masih di perak. Kami di situ ingin tampil maksimal saja, dan Alhamdullilah bisa memberikan yang terbaik. Terima kasih atas doa dan dukungan untuk dayung Indonesia, khususnya kepada masyarakat Indonesia, NOC Indonesia, Kemenpora, PODSI sebagai induk organisasi dayung,” ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.