Dark/Light Mode

Malaysia Tembus Final AFF U-19

Kamis, 14 Juli 2022 06:17 WIB
Para pemain Malaysia di ajang Piala AFF U-19. (Foto : Ist)
Para pemain Malaysia di ajang Piala AFF U-19. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim nasional (Timnas) Malaysia U-19 memastikan lolos ke final Piala AFF 2022 setelah berhasil mengalahkan Vietnam U-19 dengan skor 3-0 di babak semifinal Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (13/7/2022) sore WIB.

Vietnam langsung menggebrak di menit-menit awal.Hasilnya pada menit kedelapan melalui Nguyen Anh Tu, tetapi tendanganya dari luar kotak penalti masih melebar.

Sebaliknya Malaysia memiliki peluang pada menit ke-20 melakukan serangan balik cepat, namun dengan sigap pemain bertahan Vietnam berhasil menggagalkan serangan tersebut.

Baca juga : Tembus Final, Rinov/Pitha Tekuk Jagoan Thailand

Malaysia kembali memiliki peluang pada menit 22 untuk mencetak gol, tetapi tendangan Muhammad Aliff Izwan Yuslan masih melebar ke sisi kiri gawang Vietnam.

Malaysia membuka kemenangannya pada menit ke-25. Itu bermula dari kesalahan pemain bertahan Vietnam yang harus dibayar mahal, setelah tendangan jarak jauh Adam Farhan Mohd Faizal mengarak ke sisi kanan berhasil masuk kegawang. Malaysia pun berhasil memimpin 1-0 atas Vietnam.

Memasuki menit ke-35 para pemain Vietnam terus memberikan tekanan kepada pertahan Malaysia, tetapi The Golden Star -julukan Timnas Vietnam U-19- masih kesulitan menembus rapatnya pertahanan tim lawan. Sementara pada menit ke-40 tendangan Zaid El Basheer Norhisham masih belum berhasil menggandakan keunggulan Malaysia, setelah tendanganya melebar.

Baca juga : Malaysia Masters 2022: Ginting Dipaksa Kerja Keras

Pada menit ke-44 Adam Farhan Mohd Faizal melakukan sebuah umpan kepada rekannya, tetapi bola lebih mengarah ke kiper Vietnam dan membuat Cao Van Binh menepis umpan tersebut. Hingga babak pertama usai, Malaysia masih memimpin 1-0 atas Vietnam.

Memasuki babak kedua Vietnam berusaha membalas gol Malaysia. Tapi sayang  serangannya dapat dipatahkan oleh pemain-pemain belakang Harimau Malaya.  

Keasyikan menyerang, Vietnam lupa dengan pertahanan sendiri. Celah itu dimanfaatkan dengan baik oleh Malaysia yang mampu menambah skor di menit 70 melalui Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi.

Baca juga : Tanpa Egy Dan Evan Dimas, STY Pede Timnas Tembus Piala Asia

Unggul dua gol membuat Malaysia di atas angin. Mereka pun tampil sangat rapih dalam menjaga barisan pertahanan. Pemain Vietnam dibuat frustrasi dalam menembus rapatnya lini belakang Malaysia.

Malaysia kemudian benar-benar mengubur mimpi Vietnam setelah melesakkan gol ketiga di menit 87. Mohamad Haykal Danish Haizon berlari dari wilayah sendiri dan memanfaatkan kesalahan bek Vietnam.

Dia juga dengan lihai menipu kiper Cao Van Binh dan tanpa kesulitan menempatkan bola ke gawang yang sudah tanpa penjagaan. Malaysia pun menang 3-0 dan akan menghadapi pemenang duel antara Thailand dengan Laos di partai puncak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.