Dark/Light Mode

Diramal Gagal Tembus Senayan

NasDem Santuy Aja Tuh

Jumat, 4 Februari 2022 07:55 WIB
Politisi Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago. (Foto: SINDOnews)
Politisi Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago. (Foto: SINDOnews)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menanggapi santai hasil survei teranyar. Partai pimpinan Surya Paloh itu diprediksi nggak lolos ke Senayan pada Pemilu 2024, karena gagal memenuhi ambangbatas parlemen alias parliamentary threshold 4 persen.

Politisi Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago mengatakan, partainya sudah pengalaman dengan hasil survei seperti itu. Misalnya pada Pemilu 2014, NasDem hanya memperoleh 2 persen. Hasilnya, jauh dari angka tersebut, yakni 6,7 persen dengan 36 anggota legislatif di DPR RI.

Baca juga : Partai Ka’bah Dan Anies Semakin Lengket Aja Nih

Kemudian pada Pemilu 2019, NasDem juga diprediksi hanya mendapat 3,8 persen. Kenyataannya, hasilnya lebih jauh, yakni mencapai 9 persen dengan 59 anggota dewan di DPR RI. “Jadi sudah biasa kami dengan berbagai survei, hasilnya rendah. Pertanyaannya, siapa yang salah ya?” tutur Irma kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun menurutnya, NasDem tetap menghormati dan berterima kasih atas hasil survei dari lembaga survei manapun, karena menjadi referensi. Dia justru semakin optimistis, partainya masuk tiga besar pada Pemilu 2024.

Baca juga : Gagal Eksekusi Penalti, Tony Sucipto: Itu Tanggung Jawab Saya

“Kami gunakan hasil survei untuk bekerja lebih keras lagi,” tegas anggota Komisi IX DPR daerah pemilihan Sumatera Selatan II ini.

Berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Trust Indonesia Research and Consulting, NasDem cuma memperoleh elektabilitas 3,9 persen. PDIP berada di puncak dengan elektabilitas 21,8 persen. Disusul Gerindra dengan elektabilitas 17,3 persen, Golkar 10,6 persen, PKS9,9 persen, PKB 8,1 persen, dan Partai Demokrat 7 persen.

Baca juga : Diperiksa Sebagai Terdakwa, Azis Syamsuddin Diingatkan Hakim Untuk Jujur

“Tiga parpol yang tidak memiliki kursi di Senayan adalah NasDem 3,9 persen, PPP 2,9 persen dan PAN 1,9 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research and Consulting Azhari Ardinal di Jakarta, Senin (31/1).

Survei tersebut dilakukan pada 3-12 Januari 2022 dengan metode wawancara langsung atau tatap muka. Total responden sebanyak 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat di seluruh provinsi. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.