Dark/Light Mode

Resmi Dibuka Sore Ini, Kejuaraan Wushu Nasional 2022 Digelar Di Surabaya

Sabtu, 17 September 2022 16:38 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto (kiri). (Foto: Istinewa)
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto (kiri). (Foto: Istinewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, dijadwalkan membuka resmi Kejuaraan Nasional Wushu 2022 memperebutkan Piala Presiden, Sabtu di Graha Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9) sore.

Wushu Piala Presiden ini dilangsungkan hingga 22 September 2022. Airlangga Hartarto sebelumnya sudah menyerahkan Piala Presiden kepada Ketua Pengprov (Pengurus Provinsi) WI Jawa Timur (Jatim), Soedomo Mergonoto di kediamannya Komplek Widya Chandra, Jakarta.

Penyerahan ini sebagai simbol Pengprov WI Jatim siap melaksanakan Kejuarnas Wushu Piala Presiden 2022. Jatim mendapatkan Piala Presiden di Kejurnas 2018 Yogyakarta dan Kejurnas 2019 di Bangka Belitung.

Baca juga : Desember, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

’’Kami percayakan penyelenggaraan kejuaraan ini kepada Jawa Timur. Dan kalau sekali lagi Jatim meraih Piala Presiden, maka ini menjadi piala tetap yang dimiliki Jatim,’’ ujar Airlangga Hartarto.

Mendapat tugas melaksanakan kejurnas, Soedomo Margonoto menyatakan kesiapannya. Bahkan, pria yang juga pemilik Kapal Api itu yakin dengan kemampuan atlet-atlet wushu Indonesia untuk bersaing di kancah internasional.

"Saya yakin, wushu bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah global," ujar Soedomo.

Baca juga : Ketua MPR Dukung Penyelenggaraan Udayana Festival 2022 Di Bali

Dalam menggelar kejurnas ini, Pengprov WI Jatim menggandeng Harian Disway. "Ini gara-gara Pak Domo," ujar founder Harian Disway, Dahlan Iskan, yang ikut dalam pertemuan dengan Airlangga Hartarto, pekan lalu.

Dahlan bercerita bahwa Harian Disway pernah menyelenggarakan Disway Open Wushu Championship pada 25-27 Maret 2022. Kejuaraan terbuka itu diikuti 347 atlet dari 13 kontingen yang berasal dari 11 kota pada 3 provinsi. "Pesertanya banyak. Mereka antusias semua," ujarnya.

Dengan pengalaman kejuaraan tersebut, Harian Disway setuju ketika diajak Pengprov WI Jatim untuk menggelar kejuaraan yang lebih besar. Berdasar kalkulasi panitia, tak kurang dari 700 atlet akan berlaga pada kejuaraan ini.

Baca juga : Pengprov Pertina DKI Ngarep Prakualifikasi PON 2023 Digelar Di Jakarta

Sebab, selain Kejurnas Nasional Wushu Piala Presiden, ada juga kejuaraan terbuka nasional yang memperebutkan dua piala. Yakni, Piala Airlangga Hartarto untuk kategori tradisional (kungfu) dan Piala Menpora untuk kategori Taolu.

Wujud Piala Presiden yang diterima Soedomo terlihat begitu gagah. Bahannya kuningan. Ia melambangkan burung Garuda yang sedang membentangkan sayapnya. Menaungi empat atlet wushu. Baik atlet tangan kosong, senjata, plus Sanda (kategori pertarungan).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.