Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Polandia Tetap Lolos, Kartu Kuning Bikin Pelatihnya Deg-degan

Kamis, 1 Desember 2022 07:26 WIB
Pemain Polandia tetap sumringah meski kalah lawan Argentina. (Foto : ist)
Pemain Polandia tetap sumringah meski kalah lawan Argentina. (Foto : ist)

Polandia mendapat berkah Piala Dunia 2022. Meski kalah dihajar Argentina, Robert Lewandowski Cs tetap menyegel tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar

Laga Polandia vs Argentina dalam matchday terakhir fase grup Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion 974, Doha, Qatar, pada Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

Argentina berhasil memenangi laga tersebut dengan skor 2-0 berkat sepasang gol dari Alexis Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67'). Berkat kemenangan ini, Argentina berhak melanjutkan perjuangan ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Lionel Messi dkk lolos sebagai juara Grup C dengan koleksi enam poin dari tiga pertandingan. Mereka melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar bersama Polandia yang finis di peringkat kedua klasemen Grup C dengan torehan empat poin dari tiga laga.

Di laga lain, Meksiko menjalani laga sengit kontra Arab Saudi menutup pertandingan dengan skor tipis 2-1 untuk kemenangan Meksiko. Polandia dan Meksiko ada di bawah Albiceleste dengan masing-masing 4 poin.

Timnas Polandia yang berhak mendampingi Argentina ke babak 16 besar meski punya poin sama dengan Meksiko. Robert Lewandowski cs unggul selisih gol atas Guillermo Ochoa dkk (0 berbanding -1).

Argentina dan Meksiko menjadi tim kesembilan dan kesepuluh yang berhasil melaju ke babak 16 besar. Kedua kesebelasan itu mengikuti jejak Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Australia, Brasil, dan Portugal.

Pelatih kepala Polandia Czeslaw Michniewicz mengatakan "jantungnya berhenti" saat anak asuhnya kalah 2-0 dan adanya kartu kuning gelandang Grzegorz Krychowiak.

Sebab setelah jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol yang sama dimiliki oleh Polandia dan Meksiko, penghitungan selanjutnya adalah lewat fair play point. Jumlah kartu kuning dan kartu merah dihitung untuk menentukan siapa tim yang berhak berada di posisi kedua

"Jantung saya sedikit berhenti ketika Grzegorz Krychowiak mendapat kartu kuning, kami tahu itu minus tiga poin dan fair play bakal jadi pertimbangan," kata Czeslaw Michniewicz.

Kartu kuning untuk G. Krychowiak diberikan ketika dia menjatuhkan Alexis MacAllister pada menit ke-79.

Beruntung kartu kuning tak jadi pertimbangan karena pada saat sama, gawang Meksiko kebobolan oleh Arab Saudi sehingga selisih gol yang jadi pertimbangan.

"Kesalahan Krychowiak bisa saja membuat kami kembali ke hotel dan berkemas, tapi sekarang saya dengar kami akan melawan Prancis.

“Setelah bertahun-tahun kami melewati tahap berikutnya, saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh tim dan staf saya.

"Kami sangat senang tentang itu, kami telah bekerja keras, kami telah memperoleh empat poin, aturannya sudah jelas sejak awal, kami tahu yang diperhitungkan adalah gol tetapi juga kartu kuning.

Berita Terkait : Sandiaga Uno, Menparekraf: Kesengsem Jerman

RM.id  Rakyat Merdeka -