Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

AC Jadi Biang Kerok Penyebaran Flu Unta Ke Pemain Prancis

Sabtu, 17 Desember 2022 09:56 WIB
Para pemain timnas Prancis. (Foto : ist)
Para pemain timnas Prancis. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paparan Air Conditioning (AC) di sekitar hotel diduga menjadi biang kerok penyebaran flu burung pemain timnas Prancis jelang laga final lawan Argentina, Minggu (18/12) malam.

Menurut pelatih Deschamps, suhu di Qatar membuat para pemain menyalakan AC yang tinggi. Akibatnya paparan flu terus menyebar.

"Di Doha, suhunya sedikit turun dan Anda masih menyalakan AC sepanjang waktu," kata Didier Deschamps dilansir The Guardian.

Baca juga : 5 Pemain Prancis Kena Flu Unta, Deschamps Sport Jantung

"Kami berusaha berhati-hati agar tidak menyebar dan para pemain telah berusaha keras di lapangan dan jelas sistem kekebalan tubuh mereka terganggu," beber pelatih berusia 54 tahun itu.

Sebelumnya, Pelatih Prancis Didier Deschamps dipusingkan dengan lima pemainnya yang kemungkinan absen di laga final gegara terpapar flu.

Prancis lolos ke final kedua kali secara beruntun usai mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 dalam partai semifinal di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Baca juga : Varane: Saya Akan Bimbing Pemain Muda Juara Dunia

Dua gol kemenangan Prancis atas Maroko masing-masing diciptakan oleh Theo Hernandez di awal babak pertama dan Randal Kolo Muani di pertengahan babak kedua.

Namun di laga tersebut, dua pemain pilar Les Bleus, Dayot Upamecano dan Adrien Rabiot tiba-tiba mengalami sakit sehingga harus absen. Keduanya masing-masing digantikan oleh Ibrahima Konate dan Youssouf Fofana.

Diketahui, keduanya terkena flu unta. Ternyata, flu itu menular pemain lain. Kabar terbaru, ada tiga pemain yang terkena flu yakni Kingsley Coman, Raphael Varane da Ibrahima Konate. Ketiganya juga berpotensi absen jika masih flu di laga melawan Lionel Messi Cs.

Pelatih Deschamp menjelaskan telah melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Deschamps menjelaskan kronologi penyebab beberapa pemainnya mengalami sakit. Kasusnya bermula dari Upamecano yang mengalami tidak enak badan usai laga dengan Inggris di perempat final.

Deschamps menjelaskan gejala flu yang dialami anak asuhnya adalah flu MERS atau yang lebih umum disebut virus flu 'Camel'. Kasus virus ini memang marak terjadi di Timur Tengah, termasuk Qatar.

Flu unta atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS) adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus. Penyakit ini sering menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Gejala flu unta yang paling umum termasuk demam, sakit tenggorokan, batuk kering dan sesak napas. Pasien mungkin juga mengalami gejala seperti sakit perut, mual atau diare.

Baca juga : Wasit Polandia Pimpin Laga Final

Meski demikian masih belum jelas virus apa yang menyerang para pemain Prancis ini meski ahli kesehatan mewaspadai penularan flu unta di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.