Dark/Light Mode

Piala AFF 2022

Egy Cs Disalip Thailand, Brunei Tersingkir

Selasa, 27 Desember 2022 07:37 WIB
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : ist)
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia kembali harus puas di peringkat kedua klasemen sementara Piala AFF 2022. Itu setelah Thailand berhasil meraih kemenangan atas Filipina di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand, Senin (26/12) malam.

Thailand merebut kembali puncak Grup A Piala AFF 2022 usai mengalahkan Filipina dengan skor telak 4-0.

Sebelumnya Indonesia sempat menduduki puncak grup A setelah membantai Brunei Darussalam lewat skor telak 7-0. Tapi kini, Thailand kembali teratas.

Baca juga : Bantai Brunei, Iwan Bule: Penampilan Timnas Semakin Baik

Menghadapi Filipina, tim asuhan pelatih Alexandre Polking menorehkan penguasaan bola 58,3 persen, melakukan 22 kali percobaan di mana 12 di antaranya tepat sasaran dan berhasil mencatatkan akurasi umpan 89,3 persen.

Hasilnya, Thailand berkat dua gol yang dicetak oleh Teerasil Dangda. Adisak Kraisorn dan Suphanan Bureerat masing-masing mencetak satu gol membuat Thailand meraup enam poin dari dua pertandingan.

Mereka mengungguli Egy Maulana Vikri Cs yang kini di posisi kedua, lantaran mereka memiliki selisih gol +9.

Baca juga : Bantai Brunei 7-0, Egy Cs Puncaki Klasemen Grup A

Indonesia, yang juga berpoin enam dari dua laga, mempunyai selisih gol +8. Sementara Kamboja ada di peringkat ketiga dengan tiga poin dari dua laga (selisih gol 0), diikuti Filipina (tiga poin, tiga laga, selisih gol -1) dan Brunei Darussalam (nol poin, tiga laga, selisih gol -16).

Dengan demikian, Brunei Darussalam yang tinggal menyisakan satu laga versus Kamboja dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

Sementara Filipina cuma memiliki 41,7 persen penguasaan bola, total tiga tembakan yang dua di antaranya mengarah ke target dan akurasi umpan 82,9 persen.

Baca juga : Lawan Brunei, STY Bakal Rotasi Pemain

Berikutnya pada lanjutan Grup A, Thailand akan bersua dengan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12), pukul 16.30 WIB.

Pemenang pertandingan tersebut akan dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Pada hari yang sama, Kamboja akan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.