Dark/Light Mode

Persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pakar Setuju Erick Thohir Kumpulkan Pemain Timnas U-20 Di Bhayangkara FC

Jumat, 28 April 2023 15:29 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar manajemen prestasi olahraga Prof. Djoko Pekik Irianto mengatakan, rencana Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mengumpulkan para timnas U-20 dan U-22 di klub liga 1 Bhayangkara FC sangat tepat.

Langkah tersebut dinilai akan memaksimalkan persiapan pemain timnas dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimulai tahun depan.

“Setuju, seperti yang pernah saya sampaikan timnas U-20 jangan dibubarkan, bisa sebagai tim yang kita siapkan untuk kualifikasi World Cup senior 2026, kualifikasinya mulai 2024,” kata Prof Djoko Pekik kepada wartawan, Jumat (28/4).

Guru Besar Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menilai, memasukkan eks pemain Timnas U-20 di klub Liga 1 Indonesia cukup efisien untuk persiapan pertandingan-pertandingan ke depan, baik tingkat regional maupun internasional.

Baca juga : Pengamat Dukung Erick Thohir Satukan Pemain Timnas U-20 Di Bhayangkara FC

“Cukup efisien, dengan pembinaan yang cukup mereka bisa banyak mengikuti kompetisi maupun turnamen regional maupun internasional,” ucapnya.

Namun, mantan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora ini berharap langkah yang diambil PSSI harus konsisten agar kualitas pemain tidak menurun.

"Cukup efektif, dengan catatan konsisten mengikuti kompetisi kelas dunia," jelasnya.

Lebih jauh Prof. Djoko Pekik mengatakan, para pelatih atau klub yang akan menampung para pemain muda ini tidak boleh dirombak posisi mereka, agar skill yang mereka miliki sekarang tidak banyak berubah.

Baca juga : Erick Pastikan, 20 Pemain Timnas U-22 Siap Bela Merah Putih

“Setuju, selagi dalam satu skema pembinaan terpadu. Maksudnya meski mereka berlatih di beberapa klub namun jangan ubah spesialisasi mereka,” harapnya.

Prof. Djoko Pekik pun berpesan agar PSSI tetap konsisten memberikan pembinaan dan menyiapkan kompetisi yang banyak buat para pemain-pemain muda Indonesia ini.

“Konsisten dalam pembinaan, sediakan kompetisi yang banyak dan berkualitas, minimalkan naturalisasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengakui punya alasan khusus dalam rencana pengumpulan tersebut. Rencana itu dilakukan agar para pemain Timnas Indonesia U-20 bisa mendapatkan pengalaman berkompetisi di level klub.

Baca juga : Pengamat Sebut Erick Thohir Komitmen Dengan Janjinya

Skuad eks Piala Dunia U-20 2023 itu dipersiapkan sebagai program jangka panjang untuk Timnas Indonesia masa depan. Namun, pengumpulan di Bhayangkara FC hanya untuk pemain yang belum terikat kontrak dengan klub lain.

Adapun bagi pemain yang sudah mendapatkan kontrak profesional PSSI tak punya kewajiban untuk memaksakan kehendak tersebut.

"Jadi, pemain Timnas Indonesia U-20 yang belum punya tim bisa kami prioritaskan ke Bhayangkara FC Akan tetapi, kalau sudah punya tim kami tidak bisa memaksa," kata Erick Thohir. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.