Dark/Light Mode

Kick Off Liga Tarkam 19 Agustus, Jokowi Dijadwalkan Hadir

Senin, 14 Agustus 2023 20:14 WIB
Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra. (Foto : ist)
Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka LigaTarkam (antarkampung) yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Tangerang Selatan, Banten pada 19 Agustus mendatang. Cabor yang dipertandingkan adalah bola voli.

"Presiden Jokowi dijadwalkan hadir. Kick off tersebut menandai bahwa Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 telah dimulai," kata Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga, Ardima Rama Putra saat FGD dengan awak media, Senin (14/8) di Jakarta.

Hadir dalam FGD tersebut ketua SIWO PWI Gungde Ariwangsa, Tenaga Ahli Kemenpora Mahfudin Nigara, dan Koordinator strategi dan komunikasi Wildan.

Menurut Ardima, Kejuaraan Antar Kampung ini memang menjadi salah satu program prioritas Presiden Jokowi dalam membangkitkan olahraga rakyat sampai ke tingkat kecamatan di seluruh wilayah Indonesia

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Senin 14 Agustus, Cek Disini Lokasinya

Di tahap awal, menurutnya, Kemenpora hanya membatasi lima cabang olahraga. Ini karena lima cabor tersebut populer di kalangan masyarakat dan memiliki potensi mencetak prestasi dunia. Meliputi basket, bulutangkis, lari, tenis meja, dan voli.

"Setelah kami riset, kelima olahraga ini bisa dilakukan hampir di seluruh tingkatan daerah di Indonesia. Ada cabor wajib, seperti lari. Lainnya bisa memilih tergantung daerah masing-masing," katanya.

Kejuaraan tarkam edisi pertama ini akan digelar di 32 kabupaten/kota di Indonesia. Selanjutnya akan diupayakan digelar di 70 kabupaten/kota, dengan target ke depan bisa terlaksana minimal di 200 sampai 300 kabupaten/kota.

"Kami telah menggelar bimbingan teknis yang diikuti oleh Kadispora dari 32 kota/kabupaten, sudah ada gambaran dan teknis pelaksanaan Kejuaraan Tarkam ini," jelasnya.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 12 Agustus, Cek Di Sini Lokasinya

Dengan kejuaraan ini, diharapkan bisa menjadi suatu wadah masyarakat bisa bertemu, interaksi sosial, dan gotong royong. Kejuaraan ini juga melibatkan unsur seni, budaya, dan juga UMKM yang otomatis akan menggerakkan ekonomi kerakyatan dan mendongkrak kebanggaan para atlet yang bersaing di level bawah seperti kabupaten/kotamadya.

Selain itu, menurut  Ardima, kejuaraan ini menjadi kebanggaan para atlet di level nasional. "Tapi memberikan kebanggaan lebih kepada atlet-atlet di daerah ini dengan kami membawa pemangku kepentingan dari pusat ke daerah," pungkasnya.

Sementara Tenaga Ahli Kemenpora Mahfudin Nigara mengapresiasi digelarnya Liga Antarkampung ini. Selain menjalin menghidupkan roda ekonomi di desa, event ini akan diyakini akan memunculkan talenta-talenta muda yang sebelumnya tidak diketahui bakatnya.

"Saya membayangkan jika Liga Tarkam berjalan sukses, maka akan muncul jutaan atlet-atlet muda di Indonesia yang berasal dari desa," katanya.  

Baca juga : SIM Keliling Tangsel Sabtu 12 Agustus, Cek Disini Lokasinya

Sebelumnya, menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo meluncurkan Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kemenpora Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Rabu (9/8) malam.

Peluncuran Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini ditandai dengan pukulan servis badminton Menpora Dito bersama sejumlah tamu undangan yang hadir. Sederet selebritis ikut memeriahkan acara meliputi Aldi Taher, komedian Marshel Widianto, Valentino "Jebret" Simanjuntak, hingga penampilan khusus Charly van Houten dari Setia Band. Charly membawakan lagu ciptaannya bertajuk "Indonesia Adalah Kita" bersama putranya Restu, yang menjadi lagu tema Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.