Dark/Light Mode

Banjir Bonus Atlet SEA Games, Satu Emas Rp 500 Juta

Jumat, 13 Desember 2019 05:49 WIB
Para atlet peraih medali yang mendapatkan bonus dari pemerintah. (Foto : Kemenpora)
Para atlet peraih medali yang mendapatkan bonus dari pemerintah. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengguyur bonus para atlet berprestasi dan pelatih SEA Games 2019. Bonus yang diterima atlet dua kali lipat dari bonus SEA Games sebelumnya.

Bonus peraih medali emas  Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 150 juta. Emas beregu Rp350 juta/orang, perak Rp210 juta/orang, dan perunggu Rp105 juta/orang. Selain pemain, pelatih dan asisten pun tak luput dari ganjaran bonus.

Untuk perorangan dan ganda peraih emas Rp200 juta, perak Rp120 juta, dan perunggu Rp60 juta. Pelatih beregu emas Rp300 juta, perak Rp180 juta, dan perunggu Rp90 juta. Untuk medali kedua dan seterusnya, emas Rp100 juta, perak Rp60 juta, dan perunggu Rp30 juta.

Baca juga : Ketum PSSI Terus Apresiasi Garuda Muda

Sebelumnya, bonus yang akan diberikan untuk perorangan peraih medali emas diberikan uang tunai  Rp200 juta, medali perak Rp100 juta, medali perunggu Rp60 juta. Tapi atas arahan Presiden Joko Widodo naik dua kali lipat.

"Saya kira kita harus berterima kasih pada pemerintah, karena dari Kemenpora yang disediakan sebelumnya tidak segitu ,tapi dari presiden, akhirnya dinaikkan," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12) malam.

 Kontingen Indonesia mengirimkan total 841 atlet dari 52 cabang olahraga. Sebanyak 527 atlet dari 45 cabang berhasil meraih 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu.

Baca juga : Gubernur Anies Lepas Kontingen SEA Games 2019 Asal Jakarta

Sementara itu Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa Indonesia berada di posisi 4 (empat) setelah tuan rumah Filipina, Vietnam, dan Thailand. Ada beberapa catatan sejarah SEA Games 2019.

Di antaranya pecah rekor di renang atas nama I Gede Siman Sudartawa di nomor 50 meter gaya punggung. Polo air yang kali pertama mendapat emas, angkat besi atas nama Windy Cantika Aisah yang berhasil memecahkan rekor dunia. [IPL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.