Dark/Light Mode

Olimpiade Tokyo 2020

Ini Kata Pelatih, Soal Keoknya Jordan/Melati

Rabu, 28 Juli 2021 16:00 WIB
Pelatih ganda campuran tim Bulutangkis Indonesia, Nova Widianto. (Foto: Istimewa)
Pelatih ganda campuran tim Bulutangkis Indonesia, Nova Widianto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kekecewaan sudah barang tentu menyelimuti Jordan/Melati. Tetapi Nova menegaskan bahwa kekalahan ini adalah tanggung jawabnya.

"Kecewa pasti karena mereka ditarget meraih medali, tapi saya melihat mereka sudah maksimal hari ini. Apapun hasilnya saya berterima kasih karena mereka sudah berjuang," ujar Nova.

Ia menegaskan kekalahan ini tetap tanggung jawab saya sebagai pelatih, ini menjadi introspeksi saya dan tim pelatih ganda campuran.

Baca juga : Dikalahkan Wakil China, Praveen/Melati Gagal Maju Ke Semifinal

Lebih lanjut, Nova mengatakan setelah Olimpiade, Jordan/Melati masih direncanakan untuk mengikuti banyak turnamen termasuk Kejuaraan Dunia dan Piala Sudirman. Nova mewanti-wanti anak asuhnya itu untuk tetap bersemangat.

"Setelah ini Jordan/Melati kami fokuksan untuk turnamen-turnamen berikutnya. Masih banyak turnamen hingga akhir tahun, bahkan masih ada Kejuaraan Dunia dan Piala Sudirman. Saya rasa mereka bisa fokus ke sana," ujar Nova.

Menjadi tantangan bagi Nova, setelah Olimpiade yang penantiannya panjang lalu hasilnya kurang memuaskan mental dan semangat pemain bisa drop.

Baca juga : Tampil Perdana, Lifter Rahmat Erwin Ditargetkan Tembus 8 Besar

 "Kendala Jordan/Melati itu kan inkonsistensi. Tetapi kalau saya menyimpulkan inkonsistensi itu berasal dari faktor teknis. Jordan/Melati hanya punya satu pola permainan saja dan itu sudah terbaca lawan-lawannya. Ketika mainnya tidak jalan, kita tidak punya alternatif lain,"ujar Nova.

Nova berjanji akan membenahi semuanya. Termasuk memperkuat defense untuk pemain putri dan perkaya pola permainan jadi tidak terpaku dengan pola yang itu-itu saja.

"Kita ingin nanti porsinya jadi 60:40, 60 untuk putra dan 40 untuk putri. Tapi kembali lagi program ini juga harus didukung dari individu masing-masing. Ini PR di ganda campuran," pungkas Nova. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.