Dark/Light Mode

NPC Indonesia Patok Tiga Emas Di Paralimpiade Paris 2024

Senin, 6 September 2021 12:32 WIB
Chef de Mission Kontingen Indonesia, Andi Herman (tengah duduk) dan atlet peraih medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: NPCIndonesia)
Chef de Mission Kontingen Indonesia, Andi Herman (tengah duduk) dan atlet peraih medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: NPCIndonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukses meraih sembilan medali emas di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 membuat NPC Indonesia optimistis meraih prestasi lebih tinggi di ajang Paralimpiade Paris 2024. NPC Indonesia mematok tiga medali emas di Paris.

Pencapaian Paralimpiade 2020 memang menjadi sejarah baru bagi Indonesia selama berpartisipasi di pesta olahraga antar disabilitas ini. Sebelum berangkat ke Tokyo, NPC memasang target satu medali emas, dua perak dan dua perunggu. Namun malah meraih dua kali lipat dan melampaui target.

Baca juga : Ini Prestasi Leani Ratri, Peraih Tiga Medali Di Paralimpiade Tokyo 2020

“Ini capaian luar biasa. Kita telah melihat perjuangan atlet dalam upaya meraih medali tanpa kenal lelah dan mencapai hasil maksimal,” kata Andi Herman, Chef de Mission Kontingen Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/9).

Prestasi yang diraih Indonesia merupakan buah dari persiapan jangka panjang berkelanjutan dalam pelatnas NPC yang diadakan di Solo, Jawa Tengah. “Para atlet telah melakukan latihan di pelatnas sejak 2018 yang awalnya untuk tampil di ASEAN Paragames Filipina yang akhirnya dibatalkan. Kalau untuk persiapan untuk Paralimpiade ini, kami melakukan latihan sejak tahun 2020,” katanya.

Baca juga : Kuliner Dan Tari Indonesia Ramaikan Embassy Festival Di Belanda

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto menambahkan, sebelumnya pemerintah dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menargetkan bisa menembus posisi 40 besar pada Paralimpiade Paris 2024 mendatang. Target masuk posisi 40 besar justru telah dipenuhi di Paralimpiade 2020 ini. “Dalam desain besar olah raga nasional, NPC telah membuat road map olahraga nasional hingga 2045 dimana NPC sudah mencanangkan masuk urutan 10 besar pada 2045. Untuk mencapai target itu kita harus melakukan pembinaan secara berkesinambungan,” jelas Rima Ferdianto.

“Untuk tahun ini target kita telah terlampaui sementara untuk tahun 2024, kita menargetkan tiga medali emas serta menargetkan lebih banyak cabang olah raga lagi yang tampil di Paris nanti,” harap Rima.

Baca juga : Dubes Heri Harap Prestasi Indonesia Di Paralimpiade Bisa Dipertahankan

Selain akan mempertahankan tujuh cabor yang telah tampil di Paralimpiade 2020, NPC juga menargetkan ada tambahan dua cabor yakni boccia dan panahan untuk lolos ke Paralimpiade 2024. Untuk meloloskan banyak cabor pada Paralimpiade berikutnya, NPC akan mengirim lebih banyak atlet untuk mengikuti kualifikasi menuju Paralimpiade 2024. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.