BREAKING NEWS
 

Di Survei Jeblok, Tapi Acara AMIN Selalu Dibanjiri Massa

Adi Prayitno: AMIN Memang Di Posisi Ketiga

Reporter : NANA MAULANA
Editor : DAUD FADILLAH
Selasa, 31 Oktober 2023 00:44 WIB
Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin saat ini?

Kalau bicara elektabilitas, AMIN memang berada di posisi ketiga atau paling bawah. Masih berada di bawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Itu tidak bisa dibantah secara statistik. 

Tapi, ketika acara AMIN, massa yang hadir sangat banyak. Pandangan Anda?

Adsense

Memang, pendukung AMIN tidak yakin angka-angka statistik karena banyaknya massa yang hadir dalam kegiatan pasangan ini. Misalnya, acara di Depok, Sidoarjo, Malang dan Makassar. 

Baca juga : Willy Aditya: Silent Majority Ingin Perubahan

Bagi kubu AMIN, itu adalah jumlah massa yang seakan-akan membantah berbagai survei. Bahwa, survei tidak sesuai  kenyataan. Tapi, itu tergantung bagaimana melihatnya. 

Anda masih berpandangan bahwa AMIN di posisi terbawah?

Melihat berbagai survei sebagai parameter kekuatan politik saat ini, AMIN berada di posisi ketiga. Tapi bagi pendukung AMIN, tentu AMIN kuat jika dilihat dari massa yang menghadiri acara. Itu jelas berbeda dari survei. 

Apa pesan yang ingin disampaikan AMIN dengan mengadakan acara di beberapa wilayah itu?

Baca juga : Prabowo: Pak Amran Teman Diskusi, Ahli Pertanian

Mobilisasi massa itu penting untuk menunjukkan soliditas dan dukungan politik. Tetapi, tak ada yang bisa menjamin ketika banyaknya orang yang datang ke suatu acara, semuanya ke AMIN. Siapa yang bisa menggaransi semua orang yang datang ke Depok, Makassar, Jawa Timur yang ribuan itu saat datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) memilih AMIN. 

Bisa saja, orang-orang yang hadir itu, juga datang ke acara-acara yang diadakan Ganjar dan Prabowo. Itulah kenapa kerumunan tidak menjamin akan tegak lurus kepada semua pasangan Capres-Cawapres 

Apakah elektabilitas AMIN  mengalami peningkatan?

Harus diakui, ketika Prabowo berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka dan Jokowi kerap dikritik gerakan aktivis dan gerakan civil society. Secara perlahan, ada peningkatan dukungan ke AMIN. 

Baca juga : Adi Prayitno: Pilpres AS Berbeda Dengan Pilpres 2024

Kenapa seperti itu?

Orang yang kecewa kepada Prabowo dan Jokowi, pilihan politiknya ke AMIN. Secara perlahan, AMIN mendapatkan momentum politik di tengah dinamika politik yang berkembang. 

NNM 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 31 Oktober 2023 dengan judul "Di Survei Jeblok, Tapi Acara AMIN Selalu Dibanjiri Massa, Adi Prayitno: AMIN Memang Di Posisi Ketiga"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense