BREAKING NEWS
 

Sukses Jaga Ekonomi, Airlangga Jadi Capres Idola Publik

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 18 Januari 2022 10:09 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto semakin dikenal publik lewat strateginya dalam mengatur program ekonomi di tengah terjangan pandemi Covid-19. Mayoritas publik merasa puas dengan kepemimpinan Airlangga. 

Bukan cuma di pemerintahan tapi juga di partai politik. Hal ini yang membuat masyarakat terpincut menginginkan Airlangga sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. 

Baca juga : Cacat Moral, Mantan Napi Jangan Dipilih Jadi Pejabat Publik

Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia (LSI), Albertus Dino mengatakan, beberapa kali lembaganya menggelar survei, elektabilitas Airlangga konsisten berada di atas 15 persen. "Airlangga Hartarto menjadi nama yang paling banyak diinginkan, dan dipilih dengan tingkat elektabilitas 19,2 persen," kata Dino, saat menjabarkan hasil survei lembaganya yang bertajuk "Hasil Pemetaan Kondisi Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hankam Setelah Dua Tahun Pandemi Covid-19 melanda Indonesia", Senin (17/1).

Adsense

Sementara itu, pada urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 14,3 persen. Disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 11,7 persen. Di belakang ketiganya terdapat nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman 6,2 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 4,1 persen, dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan elektabilitas 3,7 persen.

Baca juga : Gibran Tau Diri

Urutan berikutnya ada GubernurJawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,6 persen dan Gubenur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meraih 3,5 persen. Lalu, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 3,2 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,1 persen.

Selanjutnya, ada nama Ketua DPR Puan Maharani 2,7 persen dan Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,4 persen lalu Menteri BUMN Erick Thohir 1,4 persen. "Kemudian Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,4 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD 1,1 persen. Lalu, yang tidak memilih sebanyak 18,4 persen," demikian Albertus.

Baca juga : Golkar Konsisten Usung Airlangga Sebagai Capres 2024

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1850 responden dari 34 Provinsi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense