BREAKING NEWS
 

Antisipasi Abrasi, Pertamina Tanam Ribuan Pohon Cemara Laut

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : MUHAMAD FIKY
Sabtu, 22 Januari 2022 15:19 WIB
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali melakukan penanaman 3.000 pohon cemara laut, Jumat (21/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap kembali melakukan penanaman 3.000 pohon cemara laut, Jumat (21/1).

Penanaman yang melibatkan Pemkab Cilacap beserta aktivis peduli lingkungan itu dilakukan di sekitar tanggul Pantai Tegalkamulyan, Cilacap Selatan. 

Penanaman pohon ini sebagai upaya antisipasi potensi abrasi dan tsunami di wilayah pesisir selatan. 

Pjs. General Manager PT KPI RU IV Cilacap, Didik Subagyo mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen, baik dari Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. 

Baca juga : Usai Bekuk Borneo, Persib Liburkan Pemainnya 2 Hari

“Penanaman ini juga berkaitan dengan momentum Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional, maka kami melibatkan berbagai elemen untuk bersama-sama dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Pohon cemara laut merupakan salah satu tumbuhan yang berfungsi sebagai benteng atau pelindung dari abrasi dan tsunami. 

Adsense

“Fungsi lainnya adalah sebagai pemecah angin (windbarrier) terutama pada kawasan yang rentan angin kencang. Sehingga melalui penanaman ini, kami berharap dapat membantu upaya mitigasi guna meminimalisir saat terjadi bencana alam” ungkap Didik.

Dijelaskannya, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan, Pertamina memberikan perhatian serius pada upaya penanaman pohon di Kabupaten Cilacap. 

Baca juga : Hadapi Pemilu 2024, Perindo Panaskan Mesin Partai

“Setelah penanaman pohon,  akan dilanjutkan dengan pemeliharaan dikelola oleh Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Gumregah, Mitra Bina Wijaya dan masyarakat di RW 8 Kelurahan Tegalkamulyan,” imbuh Didik.

Sementara Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi program Pertamina yang fokus pada upaya antisipasi bencana melalui penanaman pohon cemara laut. 

“Penanaman cemara laut di wilayah pesisir selatan ini juga ke sekian kalinya dilakukan Pertamina. Ini menjadi wujud sinergi dan kolaborasi perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi bencana abrasi dan tsunami,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati secara simbolis menyerahkan piagam apresiasi pendukung Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, kepada GM PT KPI RU IV Cilacap. Penghargaan ini diberikan atas partisipasi PT KPI RU IV dalam upaya mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi Proklim.

Baca juga : KPK Nggak Bisa Diam, Kalau Masih Ada Pejabat Yang Rugikan Negara

Kegiatan tanam pohon ini  dihadiri Dandim 0703/Cilacap, Letkol (Inf) Andi Afandi; Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM), Sugeng Subagyo; Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sri Murniyati; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Widjonardi. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense