BREAKING NEWS
 

Jaga Tingkat Inflasi Di Daerah, BI Siapkan Jurus 4K

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Kamis, 7 April 2022 18:34 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) turut berperan dalam menjaga tingkat inflasi, khususnya di daerah.

Kepala BI Provinsi Papua, Juli Budi Winantya mengungkapkan, pihaknya menerapkan kebijakan 4K untuk dapat menjaga tingkat inflasi daerah tetap sesuai target. 

Baca juga : Mendagri Instruksikan Dukcapil Daerah Terbitkan Dokumen Penduduk Disabilitas

“Dalam menjaga stabilisasi harga, kita menerapkan 4K. Pertama adalah keterjangkauan harga. Kita lakukan stabilisasi apabila memang diperlukan,” ujar Juli dalam diskusi Infobank bertajuk Harga Kian Mahal, Recovery Terganggu? secara virtual, Kamis (7/4).

Adsense

Agar harga komoditas tetap terjangkau, BI melakukan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melakukan survei pemantauan harga atau melakukan operasi pasar. Tidak jarang, BI juga menggunakan channel digital untuk memastikan harga yang ada tetap stabil.

Baca juga : Permintaan Meningkat Selama Ramadan Dan Lebaran, KKP Pastikan Stok Ikan Aman

Kemudian kebijakan kedua adalah ketersediaan pasokan. Dalam hal ini, regulator berkoordinasi dengan masyarakat untuk menanam komoditas utama penyumbang inflasi. Tidak jarang, implementasi digital dan konsep urban farming diterapkan dalam hal ini.

Selanjutnya, kebijakan ketiga adalah menjaga kelancaran distribusi. BI aktif melakukan kerja sama dengan BUMN untuk memastikan distribusi yang aman tetap terjaga. Selain itu, peran Bulog juga dioptimalkan dalam hal penyimpanan dan perdagangan.

Baca juga : Jelang Melantai Di Bursa, GoTo Siapkan Dana Rp 310 M Untuk Driver Beli Saham

Kebijakan terakhir adalah komunikasi efektif. Dalam poin ini, BI melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait untuk mengendalikan inflasi. Media digital juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan harga pangan dan kampanye belanja dengan bijak. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense