Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Manfaatkan Momentum Presidensi G20

Bahlil Cs Siapkan Jurus Kejar Target Investasi

Rabu, 23 Maret 2022 06:43 WIB
Logo G20. (Foto: Dok. Kemlu RI)
Logo G20. (Foto: Dok. Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Presidensi G20 Indonesia diharapkan menjadi momentum untuk mengejar target realisasi investasi sebesar Rp 1.200 triliun di tahun ini. Berbagai strategi pun sudah disiapkan.

“Kami menyiapkan berbagai strategi agar target investasi Rp 1.200 triliun bisa terealisasi, di tengah pelaksanaan Presidensi G20,” kata Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno dalam keterangannya, kemarin.

Apa strateginya? Pertama, pihaknya akan meningkatkan koordinasi antara Kementerian/ Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Khusus untuk Pemda, kami akan berkoordinasi dengan Di­nas Penanaman Modal dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Baca juga : GoTo Siapkan Jurus Cegah Saham Jeblok

Lebih rinci Riyatno menjelas­kan, Kementerian Investasi/ BKPM membagi sebaran target investasi Rp 1.200 triliun terse­but menjadi empat wilayah.

Wilayah Imencakup Sumatera; Wilayah II mencakup DKI Jakarta dan Kalimantan; Wilayah III mencakup Jawa Barat dan Su­lawesi; dan Wilayah IV mencakup Jawa Timur hingga Papua.

Strategi kedua, lanjut Ri­yatno, membuat daftar 100 be­sar investasi di masing-masing provinsi.

Daftar tersebut diharapkan mampu memfasilitasi perusa­haan-perusahaan besar, baik Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Baca juga : Semarakkan Presidensi G20, KAI Pasang Livery Khusus Di Kereta Api

“Kami juga siap memberikan bantuan dan solusi apabila ada hambatan,” ujarnya.

Strategi ketiga, membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perce­patan Realisasi Investasi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tujuannya untuk menangani hal-hal yang biasanya terkait investasi besar.

Menurut Riyatno, Satgas terse­but diketuai langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang dibantu oleh Wakil Jaksa Agung dan Wakapolri.

“Jadi, kalau ada hambatan in­vestasi, segera dilakukan upaya untuk penyelesaiannya,” pung­kas Riyatno.

Baca juga : Dukung Presidensi G20, Bank Mandiri Garap Potensi Metaverse

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil La­hadalia menargetkan bisa meraih sekitar Rp 200 triliun hingga Rp 250 triliun investasi dalam Presidensi G20.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.