BREAKING NEWS
 

14 Mei, Bos Tesla Mau Ketemu Jokowi

Luhut: Elon Antusias, Begitu Tahu RI Punya Potensi Besar Di Industri Nikel

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 26 April 2022 21:08 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama bos Tesla Elon Musk di Giga Factory Tesla, Austin Texas, AS. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak menyangka, bakal disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat.

"Pertemuan ini memang yang pertama bagi saya dan Elon. Tetapi sebetulnya, komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan," kata Luhut melalui akun Instagram-nya, Selasa (26/4).

 

 

Baca juga : Asyik, Tol Lintas Sumatera Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Selama kurang lebih satu jam, Luhut menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik, yang saat ini sedang terus dieksplorasi Indonesia, lewat program hilirisasi mineral.

Berdasarkan info yang diperolehnya dari asisten Elon, Luhut menyebut, tak biasanya bos Tesla itu menerima tamu dengan begitu bersemangat. 

Adsense

"Antusiasme dan ketertarikan, saya lihat dari wajahnya. Namun, saya penasaran, mengapa Elon yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa policy terkait industri electric vehicle dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat," ucap Luhut.

"Apakah karena cuaca hujan yang baru turun di Texas, setelah sekian lama ini membawa berkat tersendiri bagi tim delegasi kami? Ataukah memang sosok Presiden @jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang reputable, karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil, meski dalam situasi pandemi?" imbuhnya.

Baca juga : Calon Menteri Jokowi Kudu Punya Kompetensi Tiga Kecerdasan 

Terlepas dari hal tersebut, yang paling melegakan bagi Luhut adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini.

"Saya memaparkan tentang potensi besar industri nikel di Indonesia, yang mengubah persepsinya.  Karena dianggap sangat menjanjikan, untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama," beber Luhut.

Karena itu, nanti pada tanggal 14 Mei, saat kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya. Demi menemui langsung Presiden Jokowi, yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX.

"Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti," ujar Luhut.

Baca juga : Bank Mandiri Ajak Perempuan Lestarikan Lingkungan

Luhut berharap, ini bukanlah pertemuan yang terakhir dengan Elon. Dia ingin, ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia, yang berteknologi tinggi. Sehingga, bisa membawa Indonesia masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense