Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelni Berangkatkan Kapal Mudik Gratis Dari Pelabuhan Priok

Selasa, 26 April 2022 17:30 WIB
PT Pelni berangkatkan mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok. {foto:ist)
PT Pelni berangkatkan mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok. {foto:ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) resmi memberangkatkan KM Dobonsolo untuk program mudik gratis sepeda motor yang dimulai dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (26/4).

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, Yahya Kuncoro menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebih awal menggunakan layanan Pelni.

"Antusiasme masyarakat sudah cukup baik tetapi karena belum mendekati hari H, mungkin banyak yang masih bekerja," katanya seperti dikutip Antara.

Baca juga : Beli Bingkisan Lebaran, Dapat Hadiah Emas Dari Jago Coffee

Yahya menyampaikan, KM Dobonsolo akan melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura (PP).

Tercatat, sebanyak 1.109 orang penumpang dan 388 sepeda motor yang turut memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor menggunakan KM Dobonsolo.

Ia mengatakan, Pelni mengerahkan KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk mendukung pelaksanaan program mudik gratis sepeda motor tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan.

Baca juga : INFA Siapkan 53 Kapal Ferry Untuk Mudik Antar Pulau

"Pemberangkatan pertama dilakukan dengan KM Dobonsolo pada hari ini, dan selanjutnya KM Ciremai, pada Jumat 29 April," ujarnya.

Yahya mengatakan, untuk arus balik pelayaran mudik gratis sepeda motor dimulai dari Surabaya pada Senin (9/5) dengan KM Ciremai dan selanjutnya KM Dobonsolo pada Rabu (11/5).

KM Ciremai dan KM Dobonsolo merupakan kapal berkapasitas 2.000 pax dengan tipe 3 in 1. Kapal tersebut tidak hanya dapat mengangkut penumpang saja, tetapi juga dapat mengangkut muatan barang dan kendaraan.

Baca juga : Pasar Tumpah Mesti Dijaga

"Mudik gratis ini dilaksanakan mengikuti jadwal reguler kapal penumpang dan perjalanan ke Indonesia Tengah dan Timur sehingga tidak menganggu jadwal lainnya," pungkasnya.[KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.