Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Erick: Mudik Gratis Bisa Tekan Kemacetan

Selasa, 26 April 2022 17:45 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir melepas mudik gratis PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (26/4). (Foto: Antara)
Menteri BUMN, Erick Thohir melepas mudik gratis PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (26/4). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program mudik gratis salah satu solusi untuk mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas pada masa Lebaran.

Begitu kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir saat menyaksikan pemberangkatan mudik gratis PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (26/4).

Baca juga : Pelni Berangkatkan Kapal Mudik Gratis Dari Pelabuhan Priok

"Kami mencarikan solusi mudik alternatif aman lainnya yang juga tepat waktu, salah satunya dengan kapal laut. Ini seperti keseimbangan untuk mengurangi beban jalur darat," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Menurut Erick, pemerintah berupaya menyelenggarakan kegiatan mudik setelah dua tahun dihentikan akibat pandemi Covid-19. Pemerintah juga mengerti kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih akibat pandemi, sehingga diputuskan untuk menggelar mudik gratis.

Baca juga : Menteri Erick Ajak Generasi Milenial Kembangkan Ekonomi Digital

Selain mudik gratis menggunakan kapal laut, kata dia, pemerintah juga menggelar mudik gratis menggunakan bus, truk, dan kereta api. "Kami semua bekerja sama, di sini ada Kementerian BUMN, Kemenhub, Pelni, hingga Pelindo, Kepolisian dan lain-lain saling membantu memberikan layanan bagi masyarakat," ujarnya.

Erick menambahkan, demi menciptakan rasa aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan, para pemudik diimbau untuk saling menghormati sesama pengguna jalan dan saling menghargai. “Kadang-kadang mudik itu bikin lelah, terus jadinya emosional. Ayo kita mudik saling rukun, aman, nyaman, dan sehat," pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.