BREAKING NEWS
 

Antisipasi Lonjakan Pemudik Di Puncak Arus Balik, Bandara Soekarno-Hatta Siagakan 5 Hal Ini

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 7 Mei 2022 15:15 WIB
Presiden Director AP II Muhammad Awaluddin saat memimpin apel kesiapan personel di Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi puncak arus balik, Sabtu (7/5) pagi. (Foto: Humas AP II)

 Sebelumnya 
2. Bagasi Penumpang

Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan 32 unit conveyor belt di area pengambilan bagasi (baggage claim area) terminal, untuk mengantarkan bagasi milik penumpang.

Conveyor belt terletak di Terminal 1A (5 unit), Terminal 2 (14 unit) dan Terminal 3 (13 unit).

Operator ground handling berperan memastikan kecepatan pengantaran bagasi dari pesawat ke terminal.

Salah satu ground handling terbesar adalah PT Gapura Angkasa.

Baca juga : Antisipasi Arus Balik Lebaran, AP II Gelar Apel Siaga

“Pada angkutan Lebaran 2022, Gapura Angkasa memastikan keandalan perlengkapan dan kesiapan SDM, untuk ground handling. Termasuk, penanganan bagasi secara cepat di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Plt Direktur Utama PT Gapura Angkasa, Widyaka Nusapati.

Koordinasi erat dilakukan dengan maskapai dan AP II, untuk memastikan pelayanan bagi penumpang pesawat terjaga.

3. Imigrasi

Peningkatan angkutan Lebaran, juga dialami rute internasional. AP II berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, memastikan proses keimigrasian berjalan baik.

Terdapat 42 konter imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, terdiri dari 15 konter di keberangkatan internasional T3, 19 konter di kedatangan internasional T3, dan 8 konter di kedatangan internasional T2.

Baca juga : Pantau Titik-Titik Rute Arus Balik, BNPB Pastikan Prokes Terkendali

"Kami pastikan kesiapan petugas untuk melakukan pengawasan dan pengecekan dokumen keimigrasian, serta kesiapan dan keandalan sistem keimigrasian di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Kepala Kantor Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto

4. Transportasi Darat

AP II berkoordinasi dengan operator transportasi darat, untuk memastikan kesiapan armada. Total armada berjumlah 6.300 unit terdiri dari taksi reguler (3.000 unit), taksi eksekutif (300 unit), angkutan sewa (2.436 unit), bus (469 unit) dan shuttle bus (95 unit).

Selain itu, juga ada Skytrain berbasis rel yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara.

Kereta bandara juga menjadi salah satu moda untuk menuju Jakarta.

Baca juga : Puncak Arus Balik, Garuda Group Proyeksikan Angkut 51 Ribu Penumpang

5. Staf Bandara

Di seluruh bandara AP II, sebanyak 5.500 personel bersiaga memastikan kelancaran arus balik. Terdiri dari Passenger Service, Digital Service, Trolley Boy, Terminal Inspection Service, Facility Care, Golfcar Assistance, Land Transportation Assistance, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security, BKO TNI & Polri, Airport Operation Control dan Medical Service. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense