BREAKING NEWS
 

Dapat Suntikan Investasi Rp 215,5 Triliun

Pengembangan Industri Baterai IBC Makin Cerah

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 11 Mei 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara).

 Sebelumnya 
Fahmy berharap, tahun ini pembangunan konstruksi industri baterai, sudah mulai. Sehingga tahun depan sudah mulai melakukan produksi komersial, dengan segala teknologi yang dibutuhkan.

Selain itu, Fahmy menilai, PLN sebagai penyedia setrum memiliki komitmen kuat dalam membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Bukan hal yang sulit bagi PLN untuk membangun SPKLU. Bahkan kalau bisa di setiap mall juga dibangun,” saran Fahmy.

Adsense

Baca juga : Bamsoet Dorong Investor Korsel Terlibat Dalam Pembangunan IKN Nusantara

Dia mendorong Pemerintah menggencarkan edukasi terkait industri kendaraan listrik.

“Edukasi harus sudah mulai jalan. Masyarakat disadarkan akan pentingnya memakai mobil listrik. Karena negara-negara di dunia juga menuju ke arah sana,” ucapnya.

Yang terpenting, ditekankannya, harganya bersaing. Biaya perawatan dan baterainya harus bisa lebih murah. “Kalau begini, tanpa disuruh pun masyarakat secara sadar akan berpindah ke mobil listrik,” tambah Fahmy.

Baca juga : Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Layani Penerbangan Rute Internasional Reguler

Senada, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa melihat kerja sama tersebut sangat positif untuk IBC. Hal ini menunjukkan, investor asing melihat ada potensi pasar yang besar untuk baterai kendaraan listrik.

“Kerja sama dengan dua perusahaan dari Korsel and China, membuat produksi baterai domestik semakin melengkapi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Fabby kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ia berharap, tahun depan IBC sudah bisa memproduksi baterai kendaraan listrik. Serta bisa memasok industri pabrikan kendaraan listrik yang sudah ada di Indonesia. Hal ini penting untuk mendorong harga kendaraan listrik lebih terjangkau.

Baca juga : Benamkan Investasi Rp 45 Miliar, PLN Remajakan Infrastruktur Kelistrikan

“Saya harapkan produksi baterai di dalam negeri bisa membuat harga kendaraan listrik lebih terjangkau,” tukasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense