BREAKING NEWS
 

All Out Dukung Pemerintah Hadapi Era Industri 4.0

Kadin Dorong SDM Terampil Teknologi

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : FAZRY
Sabtu, 25 Juni 2022 07:40 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Humas Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Manajer Proyek Pengembangan Keterampilan Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) Tauvik Muhamad mengatakan, Indonesia harus segera mempercepat peningkatan keterampilan kaum muda.

Apalagi saat ini, ada banyak instrumen yang telah dikeluar­kan Pemerintah untuk mendukung upaya tersebut.

Baca juga : BTN Dukung Implementasi Gerakan Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

Salah satunya, peraturan yang baru saja dikeluarkan Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

“Dalam peraturan itu, pelibatan unsur industri benar-benar ditekankan untuk mendorong peningkatan kualitas kompetensi kaum muda,” ujarnya.

Baca juga : Waketum Partai Golkar Dorong Demokratisasi Teknologi Di Indonesia

Menurut Tauvik, untuk memastikan keterlibatan industri dalam pengembangan modal manusia ini, perlu sebuah wadah yang memberikan kesempatan bagi industri, untuk dapat memberikan kontribusi pengembangan keterampilan vokasi.

Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, Direktorat Bina Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Muchtar Aziz mengatakan, Pemerintah mempersiapkan penyediaan infrastruktur dan konten pelatihan yang bersifat digital dan fleksibel. Ini dilakukan sebagai upaya menghadapi puncak bonus demografi pada 2030.

Baca juga : Kemenperin Catat Kinerja Sektor Industri Logam Cs Kinclong Pada Kuartal I

“Kami berencana mengadaptasi konsep pengembangan kompetensi dan fasilitas yang tersedia di sana. Ini demi meningkatkan kemampuan peserta didik vokasi Indonesia dalam berkompetisi di dunia kerja,” ujar Muchtar.

Selain itu, peran program permagangan industri diharapkan semakin meningkatkan kompetensi, sekaligus memuluskan transisi dari dunia pelatihan dan pendidikan ke dunia kerja. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense