Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BTN Dukung Implementasi Gerakan Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

Minggu, 5 Juni 2022 10:30 WIB
Dirut BTN Haru Koesmahargyo (kanan) di sela acara penanaman 5.000 pohon tabebuya di kawasan perumahan mitra BTN di Mataram, NTB, Jumat (3/6). (Foto: Humas BTN)
Dirut BTN Haru Koesmahargyo (kanan) di sela acara penanaman 5.000 pohon tabebuya di kawasan perumahan mitra BTN di Mataram, NTB, Jumat (3/6). (Foto: Humas BTN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berkomitmen mendukung implementasi Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT). Serta aktif menjadi mitra Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam mewujudkan dan mengimplementasi berbagai program PPATK di lingkungan kerja perseroan.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, pihaknya telah melakukan implementasi APUPPT. Antara lain, dengan membentuk pedoman kebijakan hingga petunjuk pelaksanaan, yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta aturan regulator.

Selain itu, perseroan juga aktif menyampaikan laporan serta pemenuhan data kepada regulator.

 

Baca juga : BNI Ditunjuk Sebagai Bank Pembayaran Uang Pensiun Peserta Taspen

 

“Kami berkomitmen akan terus mendukung Gerakan APUPPT, dan selalu siap mendukung program pemerintah yang kini sedang berfokus pada pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dari kejahatan lingkungan yang mengancam keberlangsungan alam,” kata Haru di sela acara Penanaman Pohon pada kawasan perumahan mitra BTN di Mataram, NTB, Jumat (3/6).

Haru menjelaskan, perseroan ingin terus melanjutkan misi mulia tersebut. Serta senantiasa meningkatkan kontribusi Bank BTN menjadi lebih baik, dan dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

"Harapan kami, peningkatan kerja sama kita tidak terbatas hanya pada level antar institusi saja. Tetapi juga dapat ditingkatkan melalui pelayanan Bank BTN, dalam hal ini di lingkungan PPATK. Melalui penyediaan jasa layanan perbankan. Baik penghimpunan dana, jasa layanan transaksional, penyaluran kredit atau pembiayaan kepada pegawai dan stakeholders PPATK," terangnya.

Baca juga : BNPT Maksimalkan Program Pencegahan Terorisme Dengan Langkah-Langkah Ini

Perseroan bersama PPATK menanam 5.000 bibit pohon di kawasan perumahan yang dibiayai BTN di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penanaman tersebut sekaligus mendukung dan memperingati dua dekade Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT), yang kini berfokus memberantas aktivitas pencucian uang dari kejahatan lingkungan dan mendukung ekonomi hijau.

Kejahatan lingkungan mencakup berbagai kegiatan. Mulai dari eksploitasi sumber daya alam, perdagangan sumber mineral, kehutanan, hingga perdagangan limbah secara ilegal.

"ksi penanaman pohon ini juga merupakan wujud program penghijauan, yang menjadi fokus kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bank BTN.

Baca juga : PPLI Kembali Sabet Penghargaan Perusahaan Zero Accident

Program penghijauan di berbagai perumahan yang dibiayai BTN ini dirancang untuk menciptakan kawasan hunian ramah lingkungan, yang bersih dan tertata rapi.

"Program tersebut diharapkan dapat menciptakan ruang terbuka hijau yang mudah diakses. Terutama bagi perempuan, anak, manula, hingga penyandang disabilitas. Ruang terbuka hijau juga dibidik dapat ikut mengurangi polusi, memberikan ketenangan, hingga kenyamanan bagi para penghuni perumahan tersebut," tutur Haru.

Program penghijauan tersebut, lanjutnya, juga dilakukan Bank BTN untuk mendukung implementasi ekonomi hijau.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.