BREAKING NEWS
 

Gembleng Santri Jadi Pendamping

Petrokimia Gandeng Ponpes Sukseskan Program Makmur

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 11 Januari 2023 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Pengarah Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kedua kanan) dan Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman (kanan), berbincang usai Peluncuran Program Santri Makmur bersamaan dengan peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama dengan tema Festival Tradisi Islam Nusantara, di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (9/1) malam. (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden).

 Sebelumnya 
Program Santri Makmur ben­tuk komitmen Petrokimia Gresik untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Santri Makmur akan mendu­kung pelaksanaan dari Program Makmur Petrokimia Gresik. Ta­hun ini target yang diamanahkan oleh Pupuk Indonesia semakin meningkat. Yaitu 99 ribu hektare (ha) jika dibandingkan dengan realisasi tahun 2022 sebesar 98.591 ha.

Dwi Satriyo mengatakan, Santri Makmur ini juga akan menggenapi tenaga pendamping dari Taruna Makmur, yang sebelumnya pada 2022 telah diluncurkan terlebih dahulu oleh Petrokimia Gresik bekerja sama dengan Politenik Pem­bangunan Pertanian (Polbang­tan). Pihaknya optimistis, target dari Program Makmur Petro­kimia Gresik tahun 2023 dapat terlampaui dengan baik.

Baca juga : Gus Halim: Bantul Bisa Jadi Piloting Penurunan Kemiskinan Dengan Data SDGs Desa

“Semakin banyak kita berko­laborasi, manfaat yang dihasilkan dari pelaksanaan Program Mak­mur bakal semakin luas. Kita harus bisa menjalankan program Makmur yang kini diperluas pemahaman dan kontribusinya, hingga pada regenerasi pejuang pertanian,” ujarnya.

Selain mengoptimalkan pelak­sanaan Program Makmur, Santri Makmur dan Taruna Makmur juga menjadi salah satu upaya Petrokimia Gresik dalam men­dorong regenerasi petani di Tanah Air.

Seperti diketahui, Petrokimia Gresik senantiasa aktif melibat­kan generasi muda dalam upaya optimalisasi sektor pertanian. Salah satunya melalui kegiatan Jambore Petani Muda yang diselenggarakan setiap tahun, dan kali ini melalui Santri Makmur dan Taruna Makmur.

Baca juga : Pele, Satu-satunya Pemain Bola Yang Sukses Bikin Gencatan Senjata 48 Jam

Melalui program tersebut, Petrokimia Gresik mengajak generasi muda untuk melihat langsung betapa besar potensi sektor pertanian jika dikelola dengan optimal.

“Hal ini diharapkan akan menjadi magnet bagi generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian,” ucapnya.

Menyoal ini, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda turut mengapresiasi upaya Petrokimia Gresik bersama sang induk usaha Pupuk Indonesia, dalam inisiatif Program Mak­mur, khususnya kepada Santri Makmur dan Taruna Makmur.

Baca juga : Jelang Nataru, Pertamina Patra Niaga Siagakan Pasokan & Layanan BBM

“Karena tujuannya baik, yakni untuk meningkatkan produk­tivitas dan kesejahteraan petani muda di Indonesia. Hal ini diharapkan berimbas pada ke­untungan para santri di pesantren,” kata Nailul kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Nailul juga mengapresiasi program hasil kolaborasi dari multi stakeholder, mulai dari per­bankan, produsen pupuk, sampai Pemerintah Daerah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense