Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemkot Batam Gandeng PT Pos Indonesia Salurkan BLT Daerah

Kamis, 15 Desember 2022 16:43 WIB
Penyaluran BLT daerah Pemkot Batam yang dilakukan PT Pos Indonesia. (Foto: Dok. PT Pos)
Penyaluran BLT daerah Pemkot Batam yang dilakukan PT Pos Indonesia. (Foto: Dok. PT Pos)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pos Indonesia (Persero) diberi amanah oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 28.990 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Batam. BLT senilai Rp 300 ribu per KPM ini diberikan sebagai bantalan sosial akibat pengurangan subsidi BBM. Tujuan lain dikucurkannya BLT BBM ini adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Dalam pemberian BLT ini, Pemkot Batam menganggarkan dana sebesar Rp 17.891.522.000. Semula data yang diberikan adalah 54.670 kepala keluarga (KK). Ini adalah data penerima tidak mampu se-Kota Batam.

"Namun, ada kebijakan dari Pemerintah Pusat bahwa mereka yang sudah menerima bantuan dari pusat, tidak diperkenankan menerima bantuan lagi. Maka kami verifikasi ulang data tersebut dan didapatkan 28.990 KK. Data inilah yang kami serahkan kepada PT Pos," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (15/12).

Rudi menjelaskan, dalam penyaluran BLT BBM ini, Pemkot Batam menggandeng PT Pos Indonesia karena percaya dengan kinerja BUMN tertua ini dalam menyalurkan bantuan. "PT Pos kinerjanya positif sekali. Kami berharap, di waktu yang singkat ini juga terdapat hasil yang positif," katanya.

Baca juga : Pertama Di Indonesia, Ganjar Luncurkan 29 Desa Antikorupsi

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemkot Batam dalam penyaluran BLT daerah ini.

"Hari ini kami hadir di Batam sebagai bentuk terima kasih kami kepada Wali Kota Batam karena kita diberi amanah menyalurkan BLT daerah Pemko Batam. Istimewanya, Batam ini menjadi satu-satunya daerah yang menyalurkan BLT BBM melalui proses e-Katalog. Berdasarkan pengalaman penyaluran BLT sebelumnya, kami akan mengemban amanah penyaluran ini dengan baik," kata Haris.

Untuk menyalurkan BLT daerah Pemkot Batam, PT Pos Indonesia menerapkan metode yang sama dengan penyaluran BLT nasional, yaitu disalurkan di Kantor Pos, komunitas, dan diantarkan langsung ke rumah KPM untuk lansia, disabilitas, maupun yang sedang sakit. "Kita prioritaskan pembayaran di Kantor Pos dan komunitas. Di komunitas kita dorong dilakukan secara masif sehingga tenggat waktu bisa kita penuhi," ucapnya.

Dalam penyaluran BLT daerah, PT Pos Indonesia diberi waktu antara 15 November hingga 15 Desember 2022. Untuk percepatan penyaluran, PT Pos Indonesia mengerahkan ratusan pegawai, ditambah tenaga pendamping/pendukung.

Baca juga : Ekonom Prediksi Indonesia Mampu Lepas Landas Tahun Depan

"Di Batam ada 180 tenaga organik Pos yang diterjunkan untuk penyaluran ini dibantu dengan tenaga-tenaga yang biasa bekerja sama dengan kita. Ada tenaga pendamping, pencacah, dan mahasiswa. Kami mengerahkan sumber daya yang dimiliki agar penyaluran bisa dilakukan tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah," tutur Haris.

Pos Indonesia menjamin, BLT ini dapat dipertanggungjawabkan karena pada setiap penyaluran disertai bukti penerimaan. "Dalam proses penyaluran kami menggunakan aplikasi Pos Giro Cash. Kami juga mengambil foto penerima dan KTP-nya, serta menyediakan dashboard yang bisa diakses Pemko Batam untuk memantau penyaluran secara realtime. Pemberi kerja bisa mengakses dashboard, bisa melihat progres penyaluran secara realtime. Kuncinya kami sebagai penerima amanah bisa menjalankan amanah ini dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Haris.

Kinerja cepat dan tepat sasaran oleh PT Pos Indonesia ini sebelumnya diapresiasi Presiden Jokowi. Pada penyaluran BLT BBM, Presiden sampai 12 kali memantau langsung di Kantor Pos di sejumlah daerah.

"Kami ucapkan terima kasih pada Pak Jokowi yang memberikan perhatian lebih, sampai 12 kali datang memantau ke Kantor Pos. Apresiasi ini tidak membuat kami jumawa. Kami terus memperbaiki diri dan terus berupaya agar amanah ini bisa kami pertanggungjawabkan," kata Haris.

Baca juga : 11 Musisi Bakal Jadi Juri Indonesian Idol Season XII

Haris berharap, sinergi yang baik antara PT Pos Indonesia dengan Pemerintah, khususnya Pemkot Batam, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. "Kami berharap bisa segera menyelesaikan tugas mulia penyaluran ini sesuai waktu yang dijanjikan. Kami berharap kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini. Kami ingin terus membantu dan sesuai misi kami, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkas Haris.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.