BREAKING NEWS
 

Ramadan dan Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 49,6 Triliun 

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Jumat, 31 Maret 2023 11:28 WIB
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Mandiri menyiapkan uang tunai selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 2023. (Foto: Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun atau meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri (29 Maret-26 April 2023).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadan dan Idul Fitri secara nyaman, pasca keputusan Pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.  

Baca juga : Laris Manis, Global Bond Bank Mandiri Tembus Rp 4,5 Triliun

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp 16,5 triliun per hari selama periode tersebut.  

“Untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” kata Rudi dalam keterangan resmi, Jumat (31/3).  

Adsense

Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.  

Baca juga : Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Bupati Kapuas Punya Harta Rp 8,7 Miliar

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” rinci Rudi.  

Nasabah juga dapat Livin’ by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment. Nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini.  

“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” ujarnya.  

Baca juga : Sambut Ramadan, Smartfren Manjakan Pelanggan Lewat Triple Kejutan

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Rudi menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stock kartu hingga 735 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.  

Rudi menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

Tidak hanya itu, selama bulan Ramadan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/livinrmdn2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense