Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BI Siapkan Uang Tunai Rp 195 T Buat Ramadan Dan Idul Fitri

Senin, 20 Maret 2023 19:11 WIB
Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023. (Foto: Ist)
Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 195 triliun. Jumlah tersebut naik 8,22 persen dari realisasi tahun 2022.

BI juga menyiapkan 5.066 titik layanan penukaran uang. Jumlahnya bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya. Penukaran dimulai 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023. 

“BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital,” jelas Deputi Gubernur Aida S Budiman dalam acara Serambi Rupiah Ramadan : Belanja Bijak, di Jakarta, Senin (20/3).

Sementara itu, di luar 5.066 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian seperti terminal, pasar, dan stasiun. Kemudian kas keliling susur sungai khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bekerja sama dengan perbankan. 

Baca juga : Sambut Ramadan dan Idul Fitri, Antam Luncurkan Emas Tematik

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, BI bekerja sama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. 

Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023, serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. 

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR​,” sebutnya.

Sementara itu, mulai 15-19 April 2023 BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR.

Baca juga : KPK Tetapkan 7 Tersangka Baru Kasus Suap Bupati Pemalang

Semua program tersebut terpadu dalam Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 yang pagi ini diluncurkan oleh Deputi Gubernur BI Aida di gedung Bank Indonesia, Senin (20/3). SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2023. 

Aida menyampaikan, tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya. Pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur. 

“Kami mengajak masyarakat untuk Cinta, Bangga, Paham Rupiah. Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak,” ungkap Aida.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idulfitri 1444 H. 

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Salat Tarawih Dan Idul Fitri

Sejalan dengan itu, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai. BI memastikan kesiapan sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI, termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran.

“BI mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak dan mencermati ciri-ciri keaslian Uang Rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D (dilihat, diraba dan diterawang),” imbaunya.

Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan, belanja produk dalam negeri, dan mengalokasikan dana secara tepat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.