BREAKING NEWS
 

Progress KCJB dan LRT Jabodebek Sesuai Rencana, Insya Allah Jadi Kado HUT RI Ke-78

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 31 Maret 2023 14:03 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) bersama Dirut KCIC Dwiana Slamet Riyadi (kanan), usai menjajal integrasi KCJB dan LRT Jabodebek, Jumat (31/3). (Foto: Dok. KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek berjalan sesuai rencana.

Jika tak ada aral melintang, kedua moda tersebut akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Sebagai kado Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

"Semua masih berjalan sesuai dengan rencana. Sejauh ini, tidak ada kendala yang berarti. Saya apresiasi sekali kepada Kereta Api, Gubernur DKI, dan para kontraktor," kata Luhut, usai menjajal integrasi KCJB dan LRT Jabodebek.

 

Pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) oleh track laying machine. (Foto: Dok. KCIC)

Baca juga : Yandri Susanto: Insya Allah Biaya Haji Di Bawah Usulan Kemenag

 

Kedua moda transportasi modern ini, diyakini dapat mendukung ekosistem transportasi yang diharapkan Presiden Jokowi.

Nantinya, penumpang KCJB bisa langsung menuju Dukuh Atas atau Bekasi. Menggunakan LRT Jabodebek melalui stasiun yang telah terintegrasi.

"Dengan terintegrasi, cost akan lebih murah, perjalanan lebih cepat, dan semuanya menjadi lebih efisien," ujar Luhut.

Adsense

Baca juga : Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Teguhkan Arah Cita-cita RI Merdeka

Sebelumnya, Luhut telah meresmikan tersambungnya seluruh jalur KCJB di Stasiun Halim. Rel sepanjang 304 km, telah terpasang di jalur ganda seluruh trase KCJB sejauh 142,3 km, di empat stasiun KCJB, dan Depo Tegalluar.

Proses peletakan rel atau track laying memakan waktu 12 bulan, sejak 20 April 2022.

Pekerjaan dilakukan menggunakan mesin track laying, yang pertama kali ada di Indonesia. Mesin ini mampu memasang rel hingga sepanjang 5 km per hari. Lebih cepat dibanding cara manual.

Rel yang dipasang adalah rel dengan spesifikasi khusus untuk Kereta Api Cepat, yaitu rel tipe R60 sepanjang 500 meter, yang disambungkan dengan metode flash butt welding.

Baca juga : Pengiriman Kereta Cepat Jakarta Bandung Jadi Kado HUT RI Ke-77

Dengan metode tersebut, sambungan antar rel terasa mulus. Membuat nyaman perjalanan KCJB, karena minim guncangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense