Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengiriman Kereta Cepat Jakarta Bandung Jadi Kado HUT RI Ke-77

Jumat, 5 Agustus 2022 10:37 WIB
Acara pengiriman kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto: YouTube)
Acara pengiriman kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta yang akan dipakai untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung mulai dikirimkan hari ini ke Indonesia dari China.

Pengiriman kereta tersebut ditandai dengan acara seremoni yang berlangsung di China dan Indonesia bertajuk 'Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)' secara virtual Jumat (5/8).

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan, ada 11 kereta dan 1 kereta inspeksi yang dikirim ke Tanah Air. Adapun, kereta tersebut diproduksi oleh CRRC Sifang di Qingdao, Provinsi Shandong, China.

Baca juga : China Mulai Kirim Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini

"Hari ini pengiriman EMU perdana. EMU dan CIT (Comprehensive Inspection Train) ini akan menandai satu sejarah, karena ini adalah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari China ke luar negeri," katanya.

Dwiyana memastikan rangkaian kereta ini akan menjadi kado spesial untuk Indonesia yang akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-77. "Ini hadiah spesial dari kita semua keluarga besar proyek KCJB untuk negara Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022," ujarnya.

Ia menilai, KCJB merupakan simbol kedekatan dua pemimpin negara yaitu Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping untuk menghadirkan konektivitas masa depan yang andal, nyaman, dan modern.

Baca juga : Ketua Demokrat Sidoarjo Berpeluang Jadi Cawabup

Chairman China Railway Qian Min mengatakan, KCJB merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara. "Ini adalah proyek simbolis penting antara sinergi initiative belt and road dengan strategi poros maritim Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, EMU merupakan rangkaian kereta cepat dengan spesifikasi canggih dan mampu memonitor bahaya seperti bencana gempa bumi, banjir, serangan objek asing, serta tahan api.

Rangkaian EMU dan CIT KCJB juga dirancang sesuai dengan kondisi geologis di Pulau Jawa. Di dalamnya terdapat teknologi canggih berupa disaster monitoring sehingga kereta ini bukan hanya mampu melesat dengan cepat, namun juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat tinggi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.