BREAKING NEWS
 

Harga Bapok Masih Stabil Jelang Idul Adha

Jokowi: Jangan Sampai Kita Kehilangan Kendali

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Kamis, 22 Juni 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo menyalami warga saat membagikan Bantuan Langsung Tunai BLT kepada pedagang di Pasar Tohaga Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu 21/6/2023. Dalam kunjungan kerjanya Presiden membagikan sekitar 800 BLT serta paket sembako ke pedagang yang diharapkan dapat menambah modal para pedagang. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).

 Sebelumnya 
Menurut Jokowi, harga bawang merah di pasaran naik dari sebelumnya yang hanya berkisar Rp 32.000 sampai Rp 34.000 per kg.

Jokowi juga menemukan penurunan harga telur ayam di Pasar Menteng Pulo menjadi Rp 31.000 per kg.

Sedangkan, untuk bahan pokok lain, misalnya beras dan minyak, harga di pasaran disebut masih normal. Minyak masih dibanderol dengan harga normal Rp 14.000.

Baca juga : Sambut Baik Mimpi SBY, Jokowi: Itu Mimpi Kita Semua

“Beras nggak ada masalah. Beras medium dijual Rp 9.000 ada, Rp 9.500 ada juga. Saya juga kaget ternyata ada yang Rp 9.000,” kata Jokowi.

Gelar Pasar Murah

Pemantauan harga bapok juga dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Buleleng dan Denpasar, Bali.

Baca juga : Mendadak Menteri Siti Menghadap Jokowi Ke Istana, Ada Apa?

Untuk mengantisipasi kenaikan harga, pria yang biasa disapa Zulhas ini bilang, Pemerintah bakal rajin menggelar pasar murah. Hal itu dilakukan sebagai komitmen pemerintah menjaga kestabilan harga bapok.

Menurutnya, pasar murah diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau. Masyarakat diminta belanja ke­butuhan pokok ke pasar.

“Masyarakat bisa terbantu mendapatkan bapok seperti beras, gula, dan minyak goreng dengan mudah. Namun, sebetul­nya saat ini harga bapok di pasar pun stabil dan pasokan banyak,” kata Zulhas.

Baca juga : ITDC Lawan Stunting Di Desa Penyangga The Mandalika

Dia menjelaskan, pasar murah di Buleleng menyediakan 250 paket bahan pokok yang terdiri atas beras 5 kilogram, gula 1 ki­logram, dan MinyaKita 1 liter.

Beras dijual dengan harga Rp 43.000 per 5 kilogram, gula Rp 13.500/kilogram, dan MinyaKi­ta Rp 14.000/kilogram. Tersedia 1,35 ton beras, 300 kilogram gula, dan 360 liter MinyaKita.

Setelah meninjau pasar murah di Buleleng, Zulkifli melanjut­kan kegiatan peninjauan pasar murah di Denpasar, Bali. Pada titik ini, tersedia 150 paket bahan pokok yang terdiri atas beras 5 kilogram, gula 1 kilogram, dan MinyaKita 1 liter. ■  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense