BREAKING NEWS
 

Disetujui Pemegang Saham, BRI Right Issue 28 Miliar Lembar Saham

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Kamis, 22 Juli 2021 17:02 WIB
Direktur Utama BRI, Sunarso. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyetujui aksi right issue perseroan.

Right Issue dilakukan dengan mekanisme Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) terkait rencana pembentukan Holding Ultra Mikro. 

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, perseroan terus melakukan eksplorasi sumber-sumber pertumbuhan baru yang selaras dengan aspirasi Perseroan untuk menjadi Champion of Financial Inclusion. 

Segmen ultra mikro telah diidentifikasi sebagai sumber pertumbuhan baru melalui pembentukan ekosistem Ultra Mikro. "Right Issue ini berpotensi menjadi right issue terbesar di Indonesia, bahkan dapat menjadi salah satu right issue terbesar di Asia," ucapnya dalam konferensi pers RUPSLB secara virtual, Kamis (22/7).

Baca juga : Dukung Kerja Sama Pengusaha Perempuan, KBRI Phnom Penh Gelar Webinar

Ekosistem ini akan menyediakan layanan keuangan yang terintegrasi bagi para pengusaha segmen ultra mikro, sehingga memungkinkan mekanisme naik kelas ke nasabah mikro lebih tertata dengan baik.

Tak hanya itu, dia bilang, rencana BRI juga selaras dengan visi Pemerintah dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 yaitu untuk mendorong inklusi keuangan.

Adsense

"Untuk itu, pemerintah bermaksud membentuk Holding Ultra Mikro yang terdiri dari BRI, Pegadaian dan PNM. Dalam hal ini BRI akan ditunjuk sebagai induk holding," kata Sunarso.

Dari data Kementerian Koperasi dan UKM, Asian Development Bank (ADB) dan hasil analisis BRI pada 2018, terdapat sekitar 45 juta usaha Ultra Mikro yang membutuhkan pendanaan tambahan. Sejauh ini, hanya sekitar 15 juta usaha Ultra Mikro yang tersentuh pendanaan dari lembaga keuangan formal.

Baca juga : Covid-19 Di Malaysia Kembali Mengamuk

"Dengan menjangkau potensi Ultra Mikro, aksesibilitas layanan keuangan di segmen tersebut dapat dioptimalkan,” imbuhnya.

Sunarso merincikan, dalam PMHMETD ini, pemerintah akan menyetorkan seluruh saham Seri B miliknya dalam Pegadaian dan PNM kepada BRI atau Inbreng. Setelah transaksi, BRI akan memiliki 99,99 persen saham Pegadaian dan PNM.

Disamping itu, Pemerintah akan tetap memiliki satu lembar saham Seri A Dwiwarna pada Pegadaian dan PNM. “Perseroan merencanakan penerbitan sebanyak-banyaknya 28.677.086.000 saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp 50. Adapun jumlah lembar saham dan harga pelaksanaan akan disampaikan kemudian," sebutnya.

Sunarso juga menegaskan, dana hasil dari aksi korporasi ini akan dimanfaatkan oleh BRI untuk pembentukan Holding Ultra Mikro yang dilakukan melalui penyertaan saham BRI dalam Pegadaian dan PNM, sebagai hasil dari inbreng Pemerintah.

Baca juga : Bamsoet Puji Langkah Kapolda Jatim Berantas Mafia Tanah

"Selebihnya akan digunakan sebagai modal kerja BRI dalam rangka pengembangan ekosistem Ultra Mikro, serta bisnis Mikro dan Kecil," katanya.

Ia pun optimistis, aksi korporasi ini nantinya akan berdampak kepada laporan keuangan konsolidasian BRI pada tanggal 31 Maret 2021. Di antaranya total aset BRI meningkat dari Rp1.411 triliun menjadi Rp 1.515 triliun. Total liabilitas BRI meningkat dari Rp 1.216 triliun menjadi Rp 1.289 triliun. Dan laba bersih BRI meningkat dari Rp 7 triliun menjadi Rp 8 triliun. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense