BREAKING NEWS
 

Waskita Kantongi Laba Rp 33,4 M Di Semester I

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : ADITYA NUGROHO
Kamis, 12 Agustus 2021 12:57 WIB
Waskita Karya. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp 33,4 miliar sepanjang semester I-2021.

President Director Waskita, Destiawan Soewardjono mengatakan, perbaikan kinerja ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang komprehensif dengan tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga guna mendukung pembangunan nasional.

“Pencapaian laba bersih didukung oleh keuntungan dari divestasi tol pada triwulan II,” kata Destiawan dalam keterangan resminya, Kamis (12/8). 

Ia menegaskan, sebagai pengembang jalan tol dengan model bisnis recycling asset, Waskita tidak hanya dapat membangun jalan tol baru yang bermanfaat bagi masyarakat, tapi juga mampu mencatatkan laba melalui pelepasan saham badan usaha jalan tol (BUJT).

Baca juga : Mantap! Semester I, BRI Kantongi Laba Rp 12,54 T

Selama periode Januari hingga Juni 2021, Waskita membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 4,7 triliun dengan laba kotor sebesar Rp 172,9 miliar. Waskita juga mencatatkan total aset sebesar Rp 105,3 triliun, total liabilitas Rp 89,7 triliun, serta 

total ekuitas perusahaan sebesar Rp 15,6 triliun.

Adsense

Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi, Waskita sukses mencatatkan arus kas bersih dari aktivitas operasi positif sebesar Rp 673 miliar. Selain itu, Waskita juga membukukan arus kas aktivitas investasi sebesar Rp 1,7 triliun dan arus kas aktivitas pendanaan sebesar Rp 34,2 miliar.

Hingga 30 Juni 2021, Waskita berhasil meraih nilai kontrak baru sebesar Rp3,1 Triliun. Sekitar 65 persen dari kontrak baru tersebut berasal dari proyek pemerintah dan BUMN, sementara sisanya berasal dari proyek swasta dan pengembangan bisnis.

Baca juga : Melonjak, Kinerja Investasi Dan Perdagangan RI-China Di Semester I-2021

Beberapa kontrak yang dimenangkan Waskita antara lain kontrak pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo, pembangunan Pasar Baru Trade Center Bandung, Pembangunan Kampus UIII tahap III, dan penataan Kawasan Pura Besakih.

Di semester II, Waskita akan fokus untuk meningkatkan produktifitas operasional dengan beberapa strategi utama. Seperti perolehan tambahan modal kerja dengan pinjaman yang dijamin pemerintah, refocusing sumber daya alat dan manusia, serta memperkuat implementasi digitalisasi di seluruh proses bisnis.

“Kami menargetkan akselerasi progress seluruh proyek eksisting di kuartal III dan IV,” tegas Destiawan. 

Menurutnya, tidak hanya untuk mengejar target pendapatan, tapi kami juga menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh para klien. Selain itu, untuk meningkatkan kondisi fundamental keuangan perusahaan, Waskita juga menargetkan proses restrukturisasi keuangan dan beberapa transaksi divestasi dapat diselesaikan di kuartal III dan IV tahun ini.

Baca juga : Fokus Layanan Digital Keuangan, Amar Bank Kantongi Laba Rp 2 M

Dengan divestasi, Waskita dapat menurunkan jumlah utang konsolidasi secara signifikan. Sementara itu, restrukturisasi keuangan yang dilakukan dengan seluruh kreditur akan berdampak positif bagi arus kas dan profitabilitas perusahaan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense