BREAKING NEWS
 

Mahfud MD Puji Tjahjo Kumolo Tetapkan Hari Lahir Kemenpan-RB

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Kamis, 28 Juli 2022 18:03 WIB
Menko Polhukam yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Mahfud MD memberikan apresiasi kepada almarhum Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang telah menetapkan hari lahir Kementerian PAN dan RB yang jatuh setiap tanggal 27 Juli.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-63 Kementerian PAN dan RB yang digelar hybrid, Rabu (27/7).

"Oleh sebab itu, saya selaku Plt secara khusus ingin memberikan penghargaan kepada almarhum Pak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB yang baru saja meninggalkan kita. Menurut Ibu Sekretaris Menteri tadi, beliau memerintahkan untuk mencari tanggal yang tepat bagi kita untuk melakukan kontemplasi seperti hari ini, yang kemudian jatuh pada tanggal 27 Juli," kata Mahfud MD.

Mahfud menjelaskan, sejak tahun 2021, Kementerian PAN dan RB telah menetapkan hari jadi setiap tanggal 27 Juli. Penetapan ini sejalan dengan tanggal pembentukan Badan Pengawasan Kegiatan Aparatur Negara (Bapekan) pada 27 Juli 1959 oleh Presiden pertama Soekarno, sebagai lembaga negara pertama yang menangani urusan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Baca juga : Polri Sangat Responsif!

"Momentum ini kita pandang menjadi momentum sejarah yang memiliki nilai historis tinggi sebagai titik tolak perjalanan tugas dan peran PAN dan RB dalam pemerintahan dan pembangunan nasional," ujar Mahfud MD.

Pada tanggal yang sama namun beda tahun, yaitu 27 Juli 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN pada tahun 2021.

Adsense

Core Values ASN meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif yang disingkat BerAKHLAK. Sedangkan Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa.

Core values ini, kata Mahfud, bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Baca juga : Jokowi: Kita Masih Berduka...

Menilik sejarah dibangunnya Kementerian PAN dan RB oleh Presiden Soekarno hingga diluncurkanya core values oleh Presiden Jokowi, Mahfud menegaskan telah membuat peringatan HUT sebagai kegiatan sangat penting sebagai sarana dan waktu yang tepat untuk melakukan kontemplasi.

Mahfud meminta, semua ASN PAN dan RB kembali ke nilai sejarah didirikannya lembaga ini untuk dapat menggali kembali nilai dan sejauh mana ASN sudah berjalan mengimplementasikan nilai dan tujuan berdirinya lembaga tempat mereka bekerja.

"Mengapa ini penting, karena terkadang semakin jauh perjalanan satu institusi biasanya semakin melenceng dari tujuannya dan nilai-nilai perjuangannya juga. Sehingga perlu ada peringatan-peringatan hari ulang tahun untuk mengingat itu tujuannya kemana," terang Menko Polhukam ini.

Ia mencontohkan waktu pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Awal pembentukan dirasakan hebat karena masih dekat dengan sejarah pembentukan, namun lama kelamaan dipersoalkan atau menimbulkan banyak pertanyaan.

Baca juga : Di Mekkah, Menag Puji Raja Salman Dalam Persiapan Haji

"Semua institusi itu semakin turun ke generasi ke generasi berikutnya. Terkadang nilai-nilai dasar perjuangan yang semakin tergerus. Oleh sebab itu, perlu kontemplasi melalui HUT ini untuk menyegarkan kembali tujuan kita di dalam melaksanakan tugas-tugas institusi ini," imbau.

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh pegawai Kementerian PAN dan RB hingga saat ini. Dengan tantangan kondisi pandemi Covid-19 tetap mampu melaksanakan setiap tugas dan fungsi dengan baik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense