BREAKING NEWS
 

Mendes PDTT Paparkan Peran Penting Perguruan Tinggi Bagi SDM Desa

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 11 September 2022 18:23 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendidikan Luar Sekolah (PLS) memegang peranan penting dalam pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat desa.

PLS adalah salah satu wadah strategis bagi perguruan tinggi untuk terus membersamai desa dalam pengembangan potensi sosial dan ekonomi, serta menjaga kelestarian budaya lokal desa.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, saat mengisi seminar nasional yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) secara online.

Baca juga : Perbankan Punya Peran Penting Untuk Dongkrak Ekonomi Digital

"Satu hal yang harus kita hadapi hari ini dengan perkembangan dan perubahan yang signifikan adalah peningkatan sumber daya manusia di desa. Ini sungguh sesuatu yang tidak mudah. Ini posisi perguruan tinggi terutama jurusan pemberdayaan seperti pendidikan luar sekolah ini sangat dibutuhkan kehadirannya," ujar Gus Halim sapaan akrabnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (11/9).

Menurut Gus Halim, besarnya potensi desa membutuhkan kader desa yang kapabel agar mampu menggerakkan desa menghadapi berbagai tantangan terkini. Hal inilah yang dinilai Menteri Halim sebagai masalah yang harus segera diatasi.

Menurutnya, semua stakeholder perlu terlibat, salah satunya adalah perguruan tinggi dengan PLS-nya.

Baca juga : Kabar Duka, Pendiri PAN Albert Hasibuan Meninggal Dunia

Ia berharap, mahasiswa tak hanya siap di ranah konsep dan teori perkuliahan saja. Namun, implementasi dan kondisi lapangan dari pelaksanaan program pemberdayaan juga harus mampu dikuasai.

Adsense

"Ini sangat kita butuhkan supaya kita fokus bagaimana 74.961 desa bersama dengan Pemerintah Pusat, bersama dengan Pemerintah Provinsi, bersama dengan Pemerintah Kabupaten, bersama seluruh stakeholder bergerak bersama menuju desa tanpa kemiskinan, menuju desa tanpa kelaparan, sampai 18 goals di dalam SDGs Desa," tambahnya.

Selain PLS dengan pendidikan non-formalnya, Gus Halim juga mengutarakan, peran perguruan tinggi dalam pembangunan desa bisa dilaksanakan dalam berbagai cara.

Baca juga : Ciptakan SDM Handal, KAI Kolaborasi Dengan Perguruan Tinggi

Di antaranya, dengan pemberdayaan langsung di masyarakat melalui KKN yang dilakukan mahasiswa, pelaksanaan RPL Desa.

Hal ini sudah dilakukan Unesa dan UNY, maupun pembentukan SDGs Center yang bersinergi langsung dengan Kemendes PDTT.

"Saya berharap beberapa hal tersebut bisa direalisasikan oleh UM. Saya juga berencana untuk mengkomunikasikannya dengan Pemerintah Daerah terkait," harap mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini, dalam seminar bertema 'Optimalisasi Fungsi Pendidikan Nonformal dalam Mewujudkan Inovasi Desa Inklusif, Mandiri Menuju Desa Bermartabat' tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense