Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Bank Award 2022

Perbankan Punya Peran Penting Untuk Dongkrak Ekonomi Digital

Senin, 5 September 2022 14:28 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perbankan memiliki peran sangat penting untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Seluruh layanan jual beli online yang tren sekarang ini membutuhkan peran perbankan.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memandang, tingginya potensi perkembangan ekonomi digital di Indonesia harus dimanfaatkan oleh perbankan.

Kolaborasi antara model digital perbankan dengan platform jual beli online akan memudahkan para pengguna dalam hal ini masyarakat Indonesia.

Baca juga : Suripno: Kebijakan Zero ODOL Perlu Pertimbangkan Pilar Ekonomi

"Perbankan memiliki andil penting dalam mendorong stabilitas sistem keuangan agar terjaga dengan baik sehingga dapat bergerak secara berkelanjutan," katanya pada gelaran penghargaan Indonesia Best Bank Awards 2022, dikutip, Senin (5/9).

Dalam ajang bertema, Being a Winner in Post-Pandemic within Digital Utilization, yang digelar Warta Ekonomi ini, ia menyoroti peran perbankan dalam menciptakan bisnis model baru melalui digital juga penting untuk memitigasi risiko bisnis model lama.

Lebih jauh diterangkan, perkembangan ekonomi digital di Indonesia beberapa tahun belakangan menunjukkan tren yang positif. Hal itu tercermin pada pertumbuhan industri fintech, e-commerce, on-demand services, serta internet of things (IoT) yang bergerak masif. "Ini mengindikasikan Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang besar," katanya.

Baca juga : Tahun Depan Rayakan HUT Ke-50 Persahabatan, Ini Momen Penting Hubungan RI-Korsel

Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan menyebut, ada perkembangan yang positif dari sisi perbankan. Bank Indonesia (BI) mencatat volume transaksi digital banking mengalami peningkatan pertumbuhan hingga lebih dari 50 persen pada 2022.

Di sisi lain, nilai dan volume transaksi QRIS turut meningkat pada semester I-2022, yakni mencapai Rp 9,57 miliar dari 79,95 juta transaksi.

“Kami juga melihat pedagang kita juga makin menyadari pentingnya teknologi. Jadi, internet ekonomi diperkirakan akan mencapai 70 miliar dolar AS. Ini merupakan angka yang besar untuk sebuah negara besar seperti Indonesia,” ujar Ihsan.

Baca juga : Airlangga: Kita Jadi Pasar Besar Untuk Dunia Digital

Kondisi ini yang melandasi Warta Ekonomi untuk memberikan apresiasi kepada perbankan berprestasi melalui penghargaan Indonesia Best Bank Awards 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.