BREAKING NEWS
 

Wadah Untuk Persatukan Mahasiswa Se-Indonesia

Pemerintah Bangun AMN

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Sabtu, 26 November 2022 07:55 WIB
Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang berada di Jalan Jemur Andayani, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Antara Jatim/Moch Asim/zk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya. Pembangunan itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021.

Pembangunan dilakukan sejak September 2021 dan diselesaikan pada 31 Mei 2022. Pembangunan AMN Surabaya dilaksanakan melalui anggaran tahun 2021/2022.

AMN merupakan wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, serta bersifat multi perguruan tinggi.

AMN dibangun sebagai re­spons konkret Presiden Jokowi atas aspirasi 50 tokoh Papua pada pertemuan 10 September 2019 di Istana Negara.

Baca juga : Gen Z Literat Akan Antarkan Indonesia Jadi Negara Maju

Mereka menyampaikan kepada Presiden, gagasan dibangunnya Asrama Mahasiswa yang dapat berperan sebagai kawah candradimuka generasi muda multi-kultur, cinta NKRI. Serta berdaya saing tinggi di berbagai bidang.

Kepala Negara pun menu­gaskan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menjadi katalisator dalam rangka merealisasikan pembangunan AMN di sejumlah kota di Tanah Air.

Adsense

Selain di Surabaya, AMN direncanakan dibangun di enam kota yang berada di 5 provinsi, yaitu Kota Surabaya, Makassar, Minahasa, Bantul, Jakarta Selatan dan Malang.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, AMN dikelola oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Baca juga : Wantimpres Agung Laksono: Semoga Hubungan Indonesia-Malaysia Semakin Baik

Nn Menurutnya, AMN saat ini sudah dihuni 410 maha­siswa yang berasal dari semua provinsi di Indonesia. Proporsi mahasiswa laki-laki 253 orang. Sedangkan jumlah mahasiwa wanita 157 orang.

“Para mahasiswa itu sedang belajar di berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan seki­tarnya,” kata Diana, dikutip dari laman Kementerian PUPR, kemarin.

Menurut Diana, AMN juga memberikan bentuk pembinaan bagi para penghuni asrama yang dilakukan oleh BIN.

Misalnya, melalui kegiatan dengan tujuan peningkatan kompetensi dan pemahaman wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan.

Baca juga : Fakta Gubernur Perempuan Muslim Pertama Thailand

“Selain sebagai hunian bagi mahasiswa penerima beasiswa, AMN Surabaya difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya didukung BIN,” ujar Diana. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense