Dark/Light Mode

Fakta Gubernur Perempuan Muslim Pertama Thailand

Rabu, 23 November 2022 15:01 WIB
Gubernur Pattani Selatan, Pateemoh Sadeeyamu. (Foto Bangkok Post)
Gubernur Pattani Selatan, Pateemoh Sadeeyamu. (Foto Bangkok Post)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Pateemoh Sadeeyamu jadi sorotan dalam perpolitikan Thailand. Pasalnya, dia resmi menjadi perempuan Muslim pertama yang diangkat sebagai Gubernur di kawasan selatan Thailand. Warga di kawasan yang kerap berkonflik itu, menyambut gembira keputusan tersebut.

Ini beberapa fakta terkait Pateemoh Saddeeyamu:

1. Pateemoh akan memimpin Provinsi Pattani Selatan. Wilayah ini yang secara demografi memang dihuni  mayoritas masyarakat Muslim.

2. Kebijakan Pemerintah Thailand mengangkat Pateemoh menuai banyak pujian. Bahkan, langkah tersebut meningkatkan kepercayaan warga wilayah itu pada Pemerintah Pusat. 

Baca juga : Partai Garuda: Produk Politisasi Agama Terbukti Hasilkan Produk Gagal

"Ini adalah perkembangan yang sangat besar. Menjadi seorang Muslim dan seorang wanita memiliki banyak tantangan dalam politik Thailand,” kata Wakil Dekan Akademik, Penelitian dan Luar Negeri Universitas Prince of Songkla Pattani, Yasmin Sattar seperti dilansir dari https://aa.com.tr, Jumat (18/11).

"Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kepercayaan pada negara Thailand, yang sangat penting untuk mengakhiri konflik," lanjut Sattar.

Sebelumnya, Thailand diguncang konflik di beberapa wilayah. Dari 77 provinsi, empat provinsi selatan Pattani, Yala, Narathiwat, dan Songkla telah mengalami konflik selama beberapa dekade dengan Front Revolusioner Nasional sebagai kelompok pemberontak utama.

3. Dilansir Bangkok Post, kabinet Thailand menerima penunjukan Pateemoh Sadeeyamu menjadi gubernur untuk Provinsi Pattani pada Selasa (15/11).

Baca juga : Wapres Instruksikan Gubernur Jabar Lakukan Tanggap Darurat Secara Cepat

4. Warga menyambut bahagia. Mereka menganggap penunjukan Patimooh sebagai pertanda positif untuk keamanan dan pembangunan di kawasan selatan Thailand yang selama ini diterpa konflik keagamaan.

Seorang relawan kesehatan asal Pattani, Ropee-ah Doloh, mengaku sangat bahagia karena mimpinya menjadi kenyataan.

“Mimpi saya menjadi nyata. Saya senang. Saya berbagi kebahagiaan ini dengan semua orang. Terima kasih karena sudah mengirimkan gubernur perempuan Muslim ini,” ucap Doloh.

Penunjukannya disambut bahagia tak hanya oleh warga Pattani, tapi juga penduduk di daerah selatan Thailand secara keseluruhan, termasuk Narathiwat dan Yala.

Baca juga : Persija Fokus Penguatan Mental Pemain

Guru di Narthiwat, Nithima Lama, mengaku amat bahagia, sampai-sampai ia menganggap Sadeeyamu merupakan gubernurnya juga.

“Warga di tiga provinsi perbatasan di selatan merasa dia merupakan gubernurnya,” katanya.

5. Kiprah Pateemoh dalam pemerintahan memang mumpuni. Ia sudah malang melintang selama 29 tahun di pemerintahan Thailand. Mulai dari Kementerian Dalam Negeri, bertugas di Provinsi Selatan Ranong, Yala, dan Pattani.

Dia pernah menjadi Wakil Gubernur Narathiwat akhirnya menjadi gubernur Pattani. Ia dianggap membawa harapan di kawasan selatan Thailand yang selama ini didera konflik akibat kehadiran kelompok pemberontak Muslim di negara mayoritas Buddha tersebut.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.