BREAKING NEWS
 

BKS Tinjau Pelaksanaan Tes PCR Penumpang Luar Negeri Di Soekarno-Hatta

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Minggu, 19 September 2021 23:35 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (berkemeja putih) meninjau langsung prosedur kedatangan internasional penumpang luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu sore (19/9). (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penumpang pesawat dari luar negeri yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini, Minggu (19/9), diwajibkan menjalani tes PCR Covid-19 sebelum memproses keimigrasian untuk masuk ke wilayah Indonesia. Tujuannya, mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian baru Covid-19, termasuk Varian Mu (B.1.621), masuk ke Indonesia melalui simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional.
 
Hal ini sejalan dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 74/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19. 
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu sore (19/9), meninjau langsung prosedur kedatangan internasional termasuk pelaksanaan tes PCR bagi penumpang yang tiba dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. BKS, sapaan Budi Karya, tiba di Terminal 3 sekitar pukul 18.00 WIB dan langsung menuju Area Kedatangan Internasional, didampingi antara lain Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Ketua Komisi V DPR Lasarus, KaBais TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, dan President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) [AP II] Muhammad Awaluddin.
 
BKS menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta telah melakukan perencanaan dalam menangani kedatangan penumpang internasional menyusul adanya kewajiban tes PCR di bandara saat tiba. “Sekarang sudah benar, (ada sejumlah titik holding/holding bay di Terminal 3 bagi penumpang dari luar negeri yang baru tiba),” ucapnya, seperti keterangan yang diterima RM.id
 
Holding bay bagi penumpang internasional yang baru mendarat ini guna menghindari adanya kerumunan menjelang pemeriksaan PCR sehingga protokol kesehatan tetap terjaga. BKS juga menuturkan agar Bandara Soekarno-Hatta dapat mempertahankan pengaturan yang baik antara gate kedatangan untuk pesawat merapat ke terminal dan alur penumpang di dalam terminal sehingga tidak terjadi penumpukan. 
 
Tes PCR bagi penumpang internasional yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dilakukan laboratorium penyedia tes. Terdapat dua metode tes yang dilakukan yakni RT-PCR, dan Tes Cepat Molekuler metode Real Time RT-PCR.
 
President Director of AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berupaya untuk menjaga penerapan ketentuan di dalam SE Kemenhub Nomor 74/2021, termasuk pelaksanaan tes PCR di bandara bagi penumpang dari luar negeri. Pada Minggu (19/9), jumlah penumpang internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 1.400 orang dan semuanya menjalani tes PCR dengan lancar di area kedatangan internasional Terminal 3.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense