BREAKING NEWS
 

Gerak Cepat, ASAR Humanity Terus Distribusikan Bantuan Kemanusiaan Di Turki

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 14 Februari 2023 11:58 WIB
Relawan ASAR Humanity sedang mendata bantuan untuk korban gempa Turki (Foto: Dok. ASAR Humanity)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak awal gempa dahsyat melanda Turki dan Suriah, Senin pekan lalu, tim ASAR Humanity - Ksatria langsung bergerak ke berbagai kota terdampak untuk mendistribusikan bantuan sekaligus mengabarkan kondisi teraktual di lapangan.

“Bantuan kemanusiaan tahap pertama amanah dari Pahlawan Kebaikan di Indonesia telah tiba di Turki, Rabu malam (8/2). Aksi bantuan berupa makanan ringan langsung didistribusikan untuk para penyintas di Kota Adana,” ujar Team Leader Relawan Ksatria - ASAR Humanity Dicky Irawan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (13/2).

Sedangkan paket bantuan lainnya, berupa pangan, selimut, pakaian musim dingin, air minum kemasan, kebutuhan bayi, dan makanan ringan menyusul siap didistribusikan ke beberapa wilayah lainnya. Dalam hal ini, ASAR Humanity berkoordinasi dengan NGO kemanusiaan lokal yang menjadi mitranya untuk pendistribusiannya.

Baca juga : Pomdam Jaya Tertibkan Penggunaan Kendaraan Pelat Dinas TNI

“Sejak Jumat (10/2), kami menuju wilayah terdampak di Malatya. Tapi, karena cuaca buruk dan tiket pesawat sudah full oleh para keluarga korban, maka kami berangkat melalui jalur darat. Perjalanan memakan waktu sekitar 12 jam,” kata Dicky.

Adsense

Relawan ASAR Humanity Region Turki melaporkan, bantuan untuk Kota Hatay akan didistribusikan menggunakan truk kontainer. “Tim ASAR Humanity - Ksatria insya Allah sesegera mungkin untuk bisa mencapai wilayah tersebut, tentunya berkat dukungan para Pahlawan Kebaikan,” jelas Faruq.

Tim Relawan ASAR Humanity – Ksatria lainnya sedang bergerak menuju membawa logistik bantuan berupa pangan, pakaian musim dingin, selimut dan kebutuhan lainnya untuk aksi kemanusiaan ke wilayah terdampak gempa di Malatya.

Baca juga : Prabowo Lepas Keberangkatan Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Turki

Rencananya, tim ASAR Humanity – Ksatria akan mendistribusikan bantuan kemanusiaan di wilayah terdampak gempa di Turki, meliputi: Adana, Hatay, Malatya, Kahramanmaras, Gaziantep, Sanliurfa, Osmaniye dan Diyarbakir.

Sementara, untuk wilayah terdampak gempa di Suriah, meliputi Jandaris, Athmah, Sarmadaa, Ataaribifriin, dan Tarmaaniin, menurut informasi dari mitra relawan lokal Hayat Yolu, saat ini kondisi di sana terkendala komunikasi yang sangat terbatas. Tim Hayat Yolu sedang berusaha agar secepatnya bisa membantu para penyintas gempa di sana.

Faruq menjelaskan, di tengah suhu dingin 0 hingga minus 17 derajat, segenap tim relawan dan NGO dari berbagai negara serta otoritas di Turki dan Suriah, sedang berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan para korban terdampak gempa.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bantuan Material Pembangunan

“Mohon doa dan dukungannya dari Pahlawan Kebaikan Indonesia untuk terus bersama para penyintas gempa Turki-Suriah. Semoga kami dimudahkan untuk bisa lebih banyak lagi mengantarkan kebaikan dan kepedulian dari masyarakat Indonesia untuk saudara di Turki dan Suriah,” tuturnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense