BREAKING NEWS
 

Alhamdulillah, Indonesia Bakal Terima 1 Juta AstraZeneca Dari Jepang

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Jumat, 25 Juni 2021 23:21 WIB
Seorang dokter menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di Tokyo, Jepang, Maret lalu. (Foto Reuters via japantimes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang akan menyediakan vaksin Oxford-AstraZeneca ke negara-negara Asia mulai pekan depan.

Negara Sakura itu akan menyumbangkan masing-masing satu juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Baca juga : Annekee Molenaar, Bakar Semangat Dari Luar Lapangan

"Kami sedang melakukan persiapan akhir," kata Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi kepada wartawan di Tokyo, Jumat (26/6/2021).

Adsense

Jepang juga berencana menawarkan masing-masing satu juta dosis vaksin ke Taiwan dan Vietnam. Ini akan menjadi tambahan dari 1,24 juta dan satu juta dosis yang sudah diberikan ke dua negara itu awal bulan ini.

Baca juga : Ikut PIP, Paskibraka Bakal Jadi Duta Pancasila

Secara terpisah, Jepang juga akan memberikan 11 juta dosis vaksin ke Asia Tenggara, Asia Barat Daya, dan negara-negara pulau Pasifik di bawah Fasilitas Covax yang didukung PBB, mulai bulan depan.

Motegi mengatakan Jepang memimpin upaya untuk mengurangi kesenjangan vaksinasi. Menurut dia, negara-negara itu telah dipilih berdasarkan kekurangan vaksin, tingkat infeksi, perjanjian bilateral mereka dengan produsen, serta hubungan dengan Jepang.

Baca juga : RNI Bakal Optimalisasi Aset lahan

Meskipun Jepang sudah mengamankan cukup dosis vaksin AstraZeneca untuk 60 juta orang, negara ini tidak berniat menggunakannya dalam waktu dekat karena adanya laporan kasus pembekuan darah.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense