Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Indonesia Bakal Terima 1 Juta AstraZeneca Dari Jepang

Jumat, 25 Juni 2021 23:21 WIB
Seorang dokter menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di Tokyo, Jepang, Maret lalu. (Foto Reuters via japantimes)
Seorang dokter menerima dosis pertama vaksin Covid-19 di Tokyo, Jepang, Maret lalu. (Foto Reuters via japantimes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang akan menyediakan vaksin Oxford-AstraZeneca ke negara-negara Asia mulai pekan depan.

Negara Sakura itu akan menyumbangkan masing-masing satu juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Berita Terkait : Total Dosis Vaksin Global 2,62 Miliar, RI Urutan Berapa Lakukan Vaksinasi?

"Kami sedang melakukan persiapan akhir," kata Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi kepada wartawan di Tokyo, Jumat (26/6/2021).

Jepang juga berencana menawarkan masing-masing satu juta dosis vaksin ke Taiwan dan Vietnam. Ini akan menjadi tambahan dari 1,24 juta dan satu juta dosis yang sudah diberikan ke dua negara itu awal bulan ini.

Berita Terkait : Vaksin Virus Corona Di Indonesia Ampuh Lawan Varian Delta

Secara terpisah, Jepang juga akan memberikan 11 juta dosis vaksin ke Asia Tenggara, Asia Barat Daya, dan negara-negara pulau Pasifik di bawah Fasilitas Covax yang didukung PBB, mulai bulan depan.

Motegi mengatakan Jepang memimpin upaya untuk mengurangi kesenjangan vaksinasi. Menurut dia, negara-negara itu telah dipilih berdasarkan kekurangan vaksin, tingkat infeksi, perjanjian bilateral mereka dengan produsen, serta hubungan dengan Jepang.

Berita Terkait : Hore, Jepang Mau Kirim AstraZeneca Ke Indonesia

Meskipun Jepang sudah mengamankan cukup dosis vaksin AstraZeneca untuk 60 juta orang, negara ini tidak berniat menggunakannya dalam waktu dekat karena adanya laporan kasus pembekuan darah.[MEL]